Rabu, 29 Maret 2017

Bola / Internasional

Messi Pensiun dari Tim Nasional

MIKE STOBE/AFP Lionel Messi meratapi kegagalan mengekeskusi penalti saat Argentina melawan Cile pada final Copa America di MetLife Stadium, Minggu (26/6/2016) atau Senin pagi WIB.

EAST RUTHERFORD, KOMPAS.com — Lionel Messi menyatakan pensiun dari tim nasional Argentina setelah kekalahan pada final Copa America di MetLife Stadium, Minggu (26/6/2016) atau Senin pagi WIB.

Tidak dimungkiri oleh Messi, rentetan kegagalan di partai final menjadi latar belakang keputusannya. Argentina juga kalah dari Cile lewat adu penalti pada final edisi tahun lalu.

Sebelum itu, Messi juga merasakan kekalahan pada final Copa America 2007, Copa America 2015, dan Piala Dunia 2014.

"Waktu saya di tim nasional sudah berakhir. Setelah kekalahan pada empat partai final, saya berpikir tim nasional bukan untuk saya," kata Messi kepada TYC sports.

"Keputusan ini untuk kebaikan semua pihak. Capaian final tanpa memenanginya tidaklah cukup," ucap dia.

Keputusan yang diambil Messi tentu mengejutkan. Sebab, dia baru berusia 29 tahun dan masih tampil produktif untuk Argentina.

Apabila keputusannya sudah bulat, Messi menutup perjalanannya di tim nasional dengan torehan 55 gol dari 112 penampilan. Berbekal catatan ini, Messi menyandang status sebagai top scorer Argentina sepanjang masa.

Dalam daftar 10 pemain tersubur sepanjang sejarah timnas Argentina, Messi ditemani dua rekannya yang masih aktif, yakni Sergio Aguero (33 gol) dan Gonzalo Higuain (30).



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Anju Christian
Editor : Anju Christian
Sumber: Fox Sports, BBC, Copa America 2016,