Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Identitas Jerman di Bayern Dinilai Meluntur

Kompas.com - 24/07/2015, 21:01 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber Kicker

KOMPAS.com - Ottmar Hitzfeld mengkritik kebijakan mantan tim asuhannya, Bayern Muenchen. Skuad The Bavarians dinilai mulai kehilangan identitas Jerman.

Kecenderungan itu dipicu kedatangan Josep Guardiola pada musim panas 2013. Guardiola merekrut beberapa pemain berkebangsaan Spanyol mulai dari Javi Martinez, Thiago Alcantara, Juan Bernat hingga Xabi Alonso.

Pada bursa transfer musim panas 2015, Bayern meneruskan kebijakan memboyong bintang asing. Mereka merekrut Douglas Costa dari Shakhtar Donetsk dan selangkah lagi merampungkan kepindahan Arturo Vidal dari Juventus.

"Ini menjadi tren baru di Bayern. Bayern seharusnya waspada dan memastikan, Jerman tetap menjadi bahasa nomor satu di tim, bukan Spanyol," ucap Hitzfeld.

"Padahal, Bayern selalu bertujuan merekrut pemain terbaik Jerman. Mario Goetze merupakan contoh sempurna untuk pemain Jerman yang tercipta untuk Bayern. Pemain fantastis itu seharusnya meyakinkan Guardiola agar dirinya selalu jadi starter," tambah Hitzfeld.

The Bavarians kini terancam kehilangan Goetze. Gelandang berusia 23 tahun itu dilaporkan masuk radar buruan Juventus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com