Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubu Napoli Geram Disebut Sarang Mafia

Kompas.com - 02/05/2014, 05:57 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

Sumber Napoli
NAPLES, KOMPAS.com — Pihak klub Napoli, melalui Nicola Lombardo, meminta media Inggris, The Guardian, mengoreksi sebuah artikel yang ditulis jurnalisnya, Barry Glendenning, karena menyebut kota Napoli sebagai sarang mafia di Italia.

Glendenning membuat berita mengenai rumor ketertarikan Napoli terhadap striker Manchester United, Daniel Welbeck, pada Kamis (1/5/2014).

"Direktur Olahraga Napoli Riccardo Bigon membiarkan agen Welbeck tahu ada ketertarikan dari Napoli terhadap kliennya. Namun, Everton dan Tottenham juga tertarik. Klub dari sarang mafia Italia itu butuh membuat penawaran kepada Manchester United dan Welbeck agar tidak ditolak," tulis Glendenning di The Guardian.

Ternyata, kalimat "Klub dari sarang mafia Italia" tidak diterima Napoli. Pihak klub lantas membuat sebuah pernyataan resmi di situs klub, untuk meminta Guardian mengakui ada kesalahan dalam berita tersebut.

"Saya sadar, hal ini bisa terjadi bahwa artikel itu tidak dibaca dengan saksama sebelum dipublikasikan. Ada kemungkinan bahwa sebagai editor halaman olahraga Guardian, Anda mungkin tidak menyadari apa yang ditulis. Jika tidak, kami akan kecewa membaca hal ini. Menghubungkan kota Naples dengan mafia adalah kesan kuno yang juga ditolak oleh turis Inggris yang setiap tahun memilih Italia, dan Napoli, sebagai tujuan liburan mereka," tulis kubu Napoli.

"Mereka tidak akan melakukan itu jika mereka berpikir bahwa Napoli adalah sarang mafia Italia, tempat orang-orang kasar atau merampok satu sama lain di jalan. Kami tidak akan menilai sebuah kota seperti Newcastle atas dasar acara MTV Geordie Shore, kami juga tidak berpikir semua penduduk kota itu kasar, kecanduan untuk pergi ke pusat kebugaran, dan sosiopat. Ini adalah rasa malu untuk melihat Guardian tidak mampu menilai kesopanan Napoli yang sama."

"Saya masih lebih suka untuk berpikir bahwa Anda belum membaca artikel, dan dalam hal ini, saya akan meminta (artikel) itu untuk dikoreksi, atas nama warga Napoli dan Italia," tutup pihak klub Napoli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com