Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mourinho Bicara soal Masa Depan Lampard

Kompas.com - 25/07/2013, 13:25 WIB
Ary Wibowo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih Chelsea, Jose Mourinho, menegaskan Frank Lampard akan tetap menjadi pemain kunci The Blues pada musim 2013-14. Ia menilai, meski usianya tidak lagi muda, Lampard masih mempunyai kapasitas melakoni sejumlah pertandingan penting The Blues.

Lampard adalah salah satu pemain yang "tidak tersentuh" ketika Mourinho membesut Chelsea pada 2004 hingga 2007. Selama tiga musim bersama The Special One, Lampard hanya tidak bermain di enam laga dari total 120 pertandingan di Premier League.

Namun, kini usia Lampard sudah menginjak 35 tahun. Gelandang yang baru saja memperpanjang kontrak selama 12 bulan tersebut pun dinilai performanya tidak akan maksimal jika tetap menjadi andalan utama Chelsea di lini tengah.

Meski begitu, Mourinho mengaku mempunyai cara tersendiri agar peran vital Lampard tidak hilang, yaitu dengan tidak akan memainkan Lampard di setiap pertandingan Chelsea, melainkan di sejumlah laga penting The Blues.

Menurut Mourinho, peran Lampard tidak perlu diubah. Pelatih asal Portugal itu menilai yang perlu diubah adalah cara untuk menganalisa setiap pertandingan Chelsea. "Bersama Frank, sebelumnya, kami tidak perlu menganalisa. Itu sederhana, karena di setiap laga dia bermain," ujar Mourinho.

"Terkadang, saya ingin memberinya istirahat dalam pertandingan Piala Carling dan dia ketika itu berkata 'jika Anda memberiku istirahat, pada pertandingan berikutnya performaku tidak akan sama, karena aku harus bermain setiap tiga hari."

"Saya percaya dia masih sama tetapi tentunya juga pasti ada perbedaan. Usianya sudah 35 tahun dan waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya tidak sama bagi pemain berusia 25 tahun dan 35 tahun. Ini adalah satu-satunya titik persoalan sekarang."

Oleh karena itu, lanjut Mourinho, dirinya akan menganalisis jadwal pertandingan Chelsea agar dapat membuat menentukan kapan waktu Lampard bermain. Menurutnya, Lampard tidak dapat terus diandalkan oleh timnya meskipun dia yakin kualitas permainan Super Frank - julukan Lampard - tidak berubah.

"Dia cerdas, terbuka, dan memiliki hubungan baik dengan saya. Dia tahu bahwa saya sangat berpengalaman. Dia juga tahu apa yang saya lakukan, contohnya, dengan Claude Makelele dalam dua tahun terakhir saya di klub," kata Mourinho.

"Dia tahu, bagaimana saya akan memperlakukan pemain seusianya, karena pada akhirnya kita hanya harus pintar, sebab setiap pemain sama. Saya suka melihat pemain tanpa melihat akte kelahiran mereka. Kinerja menentukan seberapa baik Anda, bukan kartu identitas atau akte kelahiran," tukasnya. (DM)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com