Minggu, 23 November 2014

Bola / Internasional

Mirip Jerman, Kostum Baru Inggris Dikecam

Selasa, 21 Mei 2013 | 06:51 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Federasi Sepak Bola Inggris (FA) resmi merilis kostum baru tim nasional Inggris. Namun, kostum dengan desain klasik itu justru menuai protes dari beberapa fans The Three Lions karena dinilai mirip dengan kostum Jerman Barat pada Piala Dunia 1966.

Tidak ada yang banyak berubah dari desain baru kostum Inggris. Seperti biasa, dominasi warna putih polos dengan hiasan biru gelap di leher masih diutamakan. Sedangkan di bawah lambang kebesaran Inggris terdapat tambahan "150 Years" sebagai berdirinya FA sejak 1863.

Perbedaan mencolok mungkin terlihat di sisi kanan dada, tempat sponsor utama diletakkan. Maklum, untuk kali ini Inggris memakai desain logo Nike, bukan lagi Umbro karena perusahaan olahraga asal Amerika Serikat itu baru saja mengambil alih sponsorship dengan durasi kontrak hingga 2018.

Namun, karena memakai desain tanpa kerah, banyak fans menilai kostum tersebut mirip dengan kostum Jerman Barat pada 1966 atau Jerman Barat era Franz Beckenbauer ketika mengangkat Piala Dunia 1974 yang masih memakai desain sama. Berikut beberapa reaksi penggemar Inggris terkait kostum baru tim kesayangannya itu.

"Langkah cerdas dari FA dan Nike untuk menyamai Jerman dengan sedikit strip. Itu jika Anda tidak bisa mengalahkan mereka...," tulis legenda Inggris, Gary Lineker.

"Aku pikir salah satu ide untuk kostum yang mirip dengan Jerman itu adalah agar mungkin kita bisa menang adu penalti sekarang (dengan Jerman)," sindir salah satu penggemar Inggris.

"Ini adalah replika dari kostum JERMAN pada Piala Dunia 1966. Apa yang telah FA pikirkan?" tulis Mike Weaver, penggemar Inggris lainnya.

Meski menuai protes, beberapa pendukung maupun pemain Inggris sendiri mengaku tidak masalah dengan desain kostum baru tersebut. Salah satunya adalah gelandang Arsenal, Jack Wilshere, yang pertama kali mengunggah foto kostum itu ke publik lewat akun Twitter-nya.

Dalam jejaring sosial miliknya itu, Wilshere mengunggah foto seorang pemuda dari mantan sekolahnya, Hertfordshire, dengan mengenakan jersey terbaru Inggris.

"Ini momen saat mimpiku bermain untuk Inggris dimulai dan senang kembali ke sini untuk melihat generasi baru bermain dengan semangat serupa. Aku memberikan Jason (Kelly) kostum ini karena komitmen dan kerja keras dia membuatku kagum," ujar Wilshere.

"Dia menunjukkan bahwa apa yang kamu perjuangkan di lapangan sangat penting. Sejak laga pertama kamu pada usia sembilan tahun hingga ke level internasional," lanjutnya lagi.

Kostum baru ini sendiri rencananya akan dikenakan para penggawa The Three Lions pada pertandingan persahabatan melawan Irlandia, Rabu (29/5/2013).

Video kostum baru Inggris


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Editor : Hery Prasetyo
Sumber: