Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ujian yang Membahagiakan

Kompas.com - 18/04/2011, 06:45 WIB

Oleh Sidharta Susila

Waktu menjadi mahasiswa, ujian adalah peristiwa yang sangat membahagiakan. Demikian kata seorang dosen kami. Pertanyaannya, apakah kebahagiaan itu dialami semua atau hanya oleh mahasiswa yang cerdas?

Apa yang membahagiakan dalam ujian seperti itu? Siapa dan apa saja yang harus dilakukan agar ujian membahagiakan?

Orang punya beragam sikap dan cara menghadapi peristiwa ujian. Kebanyakan dengan rasa tegang dan takut. Saat ujian sering membuat orang emosional hingga banyak yang tak mampu menguasai diri. Efek psikosomatis, seperti sakit perut, pusing-pusing, atau mual, pun muncul.

Akibatnya konsentrasi buyar. Daya nalar saat mempersiapkan ujian terganggu. Persiapan ujian menjadi kacau. Hal yang sama terjadi saat menjalani ujian.

Dinamika kondisi emosi dan nalar inilah yang sering kali mewarnai peristiwa ujian. Tak heran kalau pada setiap peristiwa ujian kita menemukan banyak fakta yang mengejutkan. Siswa yang sehari-hari berprestasi justru hasilnya tak memuaskan. Beberapa bahkan gagal.

Namun, kegagalan ujian bukan hanya karena gugup, bingung, takut, atau tegang. Beberapa siswa gagal mencapai hasil optimal justru karena meremehkan atau kurang cermat. Dengan demikian, perlu sikap bijak memahami suatu hasil ujian.

Ujian membahagiakan

Ujian adalah bagian dari pembelajaran, yaitu proses pengembangan dan pemberdayaan diri yang mesti dialami dengan bermartabat.

Dalam pemahaman di atas, mulai dari persiapan, saat menjalani, hingga menerima hasil ujian sedapat mungkin menghindari kondisi-kondisi yang melemahkan, apalagi membunuh karakter pembelajar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com