Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalah Stamina Bikin PSCS Kalak Telak dari Semen Padang

Kompas.com - 14/02/2017, 23:22 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com - PSCS Cilacap harus menelan pil pahit setelah kalah telak 0-5 dari Semen Padang dalam lanjutan pertandingan Grup E Piala Presiden, Selasa (14/2/2017) di Stadion Gelora Ratu Pamelingan (SGRP) Pamekasan.

Lima gol Semen Padang dicetak Vendry Mofu (45', 72'), Riko Simanjuntak (49'), Marcel Silva Sacramento (72'). dan Rudi (79').

Pelatih PSCS Cilacap, Gatot Barnowo, mengatakan kekalahan timnya dikarenakan faktor fisik pemain yang mengalami penurunan. Padahal, pada babak pertama, pemain PSCS masih bisa mengimbangi permainan dan banyak mencetak peluang.

"Secara keseluruhan kami kalah dari segi fisik, terutama pada babak kedua sekalipun sudah banyak melakukan banyak pergantian pemain," kata Barnowo seusai pertandingan.

Salah satu titik lemah timnya, ujar Barnowo, karena absennya bek tengah yang terkena kartu merah, Juho Oh, dalam pertandingan melawan Perseru Serui. Juho menjadi motivator bagi pemain lainnya utuk membangun pertahanan sekaligus mengomandoi penyerangan.

"Terlihat sekali tanpa kehadiran Juho Oh tadi sehingga sektor pertahanan kami mudah dilewati melalui permainan 1-2 sentuhan pemain Semen Padang," ujarnya.

Sementara itu, Nilmaizar, pelatih Semen Padang, mengaku sangat bersyukur atas kemenangan timnya karena menjaga peluang untuk lolos ke babak 8 besar.

Kunci kemenangan tim berjuluk Kabau Sirah ini karena fokus dan konsentrasi sepanjang pertandingan. Diakuinya, PSCS sejak babak pertama kompak bertahan dan sesekali melakukan counter attack.

Namun, strategi itu mudah dibaca sehingga yang dilakukan Semen Padang adalah memecah konsentrasi pemain belakang.

"Pada babak kedua strategi merusak konsentrasi pemain belakang bisa dijalankan pemain sehingga mudah untuk menyerang dari beberapa sisi lapangan," ungkapnya. 

Semen Padang memimpin klasemen Grup E dengan enam poin. Di bawah mereka berturut-turut Madura United (3), PSCS (3), dan Perseru Serui (0). 

Madura United membuka peluang lolos setelah menang 3-2 atas Perseru. 

Laga pamungkas grup ini akan mempertemukan Madura United vs PSCS dan Semen Padang vs Perseru pada Minggu (19/2/2017). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com