Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abidal: Saat Sakit, Barcelona Tak Menggajiku

Kompas.com - 06/09/2013, 18:49 WIB
Okky Herman Dilaga

Penulis

MONACO, KOMPAS.com — Pernyataan mengejutkan dilontarkan mantan bek Barcelona yang kini bermain untuk AS Monaco, Eric Abidal. Pemain berusia 34 tahun itu mengaku, ketika berjuang melawan sakit di Barcelona, ia tidak digaji oleh klubnya.

Abidal sempat mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Ia didiagnosis menderita tumor hati dan harus menjalani operasi. Selain itu, selama beberapa bulan, ia harus menjalani masa pemulihan. Sekitar setahun Abidal absen bermain, dan ia mengaku selama itu juga Barcelona tidak membayar kewajibannya.

"Sulit untuk memahami apa yang Barcelona katakan selama konferensi pers terakhirku. Kepergianku bukan masalah uang. Bukti paling jelas adalah bahwa selama berbulan-bulan aku sakit, klub tidak membayarku," jelas Abidal kepada L'Equipe.

"Ketika kontrak berakhir, hanya ada dua pilihan, yakni memperpanjang atau tidak. Aku siap untuk kedua situasi itu, tetapi tidak ada kesepakatan kontrak baru sulit untuk aku terima," lanjutnya.

Abidal juga memaparkan bahwa ia merasa lebih nyaman di Barcelona ketika Josep Guardiola masih melatih. Menurut Abidal, jika Guardiola tetap melatih Barcelona sampai saat ini, ia yakin masih akan bermain untuk klub asal Catalan itu.

"Tentu saja situasi bisa berbeda jika masih ada Guardiola. Guardiola adalah sosok yang bisa menghargaiku. Aku akan bertahan dengannya. Ia pelatih hebat dan memberikanku kesempatan. Jika ia di Barcelona, mungkin aku akan terus di sana," ungkap Abidal.

"Namun, aku kini beruntung bisa dipercaya pelatih dan presiden di Monaco. Semuanya berjalan dengan baik meskipun ada periode dalam hidupku yang membuat sebuah keraguan dalam karierku. Petualanganku di Barcelona telah berakhir dan aku sangat senang telah memulai lagi di Monaco," pungkas Abidal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com