Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suka Duka Perjuangan Beli Tiket Piala Eropa 2024 di Jerman 

Kompas.com - 28/06/2024, 09:30 WIB
Cindy Pritami,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak awal tahun 2023, banyak orang yang telah menanti pembukaan penjualan tiket Euro 2024 atau Piala Eropa 2024 di Jerman.

UEFA menawarkan empat kesempatan untuk mendapatkan tiket tersebut. Ada dua tahap kesempatan mendapat tiket pada Oktober dan Desember 2023.

Lalu, proses itu dilanjutkan dengan dua kali adu cepat atau biasa disebut war ticket di bulan Maret dan Mei.

Hal itu pula yang dialami Apinrix Menoha, salah satu penonton asal Indonesia yang berhasil mendapatkan tiket dua hari sebelum pertandingan laga pembuka di Muenchen dimulai.

Baca juga: Proses Penjualan Tiket Piala Eropa 2024 di Jerman

 "Tanggal 3 Oktober adalah hari libur nasional di Jerman. Jadi, saya memiliki waktu untuk mendaftarkan diri di tahap pengundian pertama," ucap Apinrix Menoha, seorang karyawan berumur 28 tahun asal Jakarta, kepada Kompas.com, Kamis (27/6/2024).

"Setelah menunggu selama lebih dari 3 minggu, saya dikabari lewat e-mail bahwa saya belum beruntung," tuturnya.

Hasil pengundian tahap kedua diumumkan di bulan Januari 2024, yang sayangnya Apinrix masih belum juga beruntung. 

"Harapan saya sekarang untuk memenangi war ticket di tanggal 13 Maret. Hari itu hari Rabu pukul 11.00 siang. Saya sedang di kantor menunggu situs tiket buka. Setelah masuk, saya langsung terpampang durasi antrean. Setelah 30 menit, akhirnya saya masuk ke dalam portal dan dapat memilih tiket yang saya ingini," ceritanya dengan penuh kegembiraan.

Baca juga: Kesiapan Relawan Medis di Tengah Animo Suporter di Piala Eropa 2024

"Setelah memilih beberapa tiket untuk beberapa pertandingan, saya melanjutkan tahap pembayaran. Tanpa diduga, pembayaran hanya dapat menggunakan Visa atau MasterCard," ujarnya.

"Sayangnya, kartu kredit Visa saya tertinggal di rumah. Dengan harap-harap cemas, saya mencoba menghubungi beberapa teman saya yang dapat membantu membelikan tiket terlebih dahulu," lanjutnya.

"Sayangnya, mereka tidak dapat dihubungi dalam kurun waktu dekat. Akhirnya, dengan sangat berat hati, saya harus meninggalkan tiket yang sudah saya dapatkan tersebut," lanjut salah satu penggemar Manchester United ini dengan sedih.

Akan tetapi, upayanya untuk mendapat tiket Euro 2024 tak luruh. 

Baca juga: Euro 2024: Dampak Hasil Imbang dengan Swiss bagi Timnas Jerman

"Pada tanggal 2 Mei, saya mencoba keberuntungan saya yang terakhir. Setelah menunggu selama 4 jam dan mempersiapkan kartu kredit Visa di tangan, dengan cepat saya mencari pertandingan yang masih bisa ditonton," ujarnya.

"Sayangnya, pilihan saya tidak banyak. Karena saya sangat ingin menonton di Muenchen, akhirnya saya membeli tiket 16 besar pada tanggal 2 Juli," ucap penggemar bola yang sangat ingin menonton legenda Portugal, Cristiano Ronaldo, itu. 

Satu setengah bulan berlalu tanpa menyerah untuk mendapatkan tiket ke pertandingan impian.

Hampir setiap hari, dia membuka situs resmi dan mencoba mencari keberuntungan di media sosial, seperti Facebook.

"Setelah menunggu dan berharap, dua hari sebelum Piala Eropa 2024 dimulai, tiba-tiba saya melihat UEFA membuka jendela pembelian untuk laga pembukaan Jerman melawan Skotlandia," ucapnya.

"Tanpa pikir panjang, saya langsung secepat mungkin menyelesaikan proses pembelian," tutur fans timnas Jerman ini.

Tiket Prime Seats senilai 900 euro atau sekitar 16 juta rupiah akhirnya di tangan. Suatu keberutungan yang sama sekali tidak terduga oleh dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com