Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persib Vs Madura United: Hodak Analisis Sape Kerrab, Tim Pekerja Keras

Kompas.com - 25/05/2024, 19:00 WIB
Adil Nursalam,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib menganalisis Madura United, sang lawan di final Championship Series Liga 1. Madura United ke final usai melibas Borneo FC, kampiun Regular Season.

Leg pertama final Championship Series Liga 1 2023-2024 antara Persib vs Madura United akan digelar Minggu (26/5/2024) di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, pukul 19.00 WIB. 

Madura United melaju ke partai puncak usai mampu mengalahkan Borneo FC di babak semifinal dengan agregat skor 4-2 (1-0 dan 3-2). 

Persib mencoba menganalisis kekuatan sang lawan di laga final. Pelatih Persib, Bojan Hodak, berpendapat, Madura mampu memanfaatkan kondisi pincang Pesut Etam, julukan Borneo FC. 

Baca juga: Persib Bandung Vs Madura United, Alasan Disebut Final Ideal Liga 1

Jika diamati, sejak leg pertama semifinal, ada beberapa pemain Borneo FC yang cedera atau tak dalam kondisi prima seperti Leo Lelis, Wiljan Pluim, Fajar Fathur Rahman, Stefano Lilipaly, dan Adam Alis. 

“Saya rasa Borneo banyak pemain yang mengalami cedera dan musim sudah berjalan begitu panjang. Jadi tidak ada tim yang tidak memiliki masalah musim ini,” kata Hodak. 

“Banyak pemain kunci Borneo yang cedera, mereka tidak tampil dengan kekuatan terbaik dan Madura memang bermain dengan baik, mereka memiliki gairah dan mencetak banyak gol, membuktikan di dua laga (semifinal) sebagai tim yang lebih baik dan layak ke final,” papar Hodak. 

Baca juga: Fakta Bojan Hodak Empat Kali Final Beruntun, Peluang Juara di Persib

Di sisi lain, Madura United, tim berjuluk Sape Kerrab, dihuni oleh pemain-pemain berteknik tinggi dan punya visi bermain bagus. 

Lini tengah mereka dihuni pemain dengan kreativitas tinggi semodel Hugo Gomes dan Francisco Rivera, ditopang Jacob Mahler.

Ketajaman lini serang Laskar Sape Kerrab terlihat dengan gol-gol dari Malik Risaldi dan Dalberto selama semifinal. 

“Mereka punya beberapa pemain bagus, Francisco Rivera adalah sosok utamanya di sana. Lalu striker Dalberto punya kekuatan, Malik (Risaldi) mencetak banyak gol dan belakangan ini dalam performa yang bagus,” tutur Hodak. 

“Jaja (Hugo Gomes) adalah seorang pekerja keras dan dia adalah mesin di dalam tim. Jadi mereka tidak hanya mengandalkan satu orang. Mereka memiliki empat sampai lima pemain bagus,” paparnya. 

Baca juga: Tiket Final Liga 1 Persib Vs Madura United Ludes, Bojan Hodak Sampaikan Pesan Penting

Duel perebutan bola antara Ciro Alves (77) dengan Cleberson Martins (4) dalam laga pekan pertama Liga 1 2023-2024 antara Persib vs Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (2/7/2023).KOMPAS.com/Adil Nursalam Duel perebutan bola antara Ciro Alves (77) dengan Cleberson Martins (4) dalam laga pekan pertama Liga 1 2023-2024 antara Persib vs Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (2/7/2023).

Sektor belakang Madura United juga tampak kokoh dengan keberadaan Cleberson Martins dan bek senior Fachruddin Aryanto. 

Penjaga gawang asal Brasil, Lucas Frigeri, juga memberikan rasa nyaman di lini pertahanan, terutama mulai putaran kedua Regular Series Liga 1 2023-2024. 

“Pertahanan mereka begitu kompak, pemain belakangnya nomor 4 (Cleberson) mengorganisasi pertahanan dengan baik, pemain lainnya di pertahanan begitu disiplin,” kata Hodak.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com