Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSSI Gelar Kursus Pelatihan untuk Penilai Wasit, Terapkan Refer System

Kompas.com - 27/02/2024, 01:00 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) telah menuntaskan gelombang pertama kursus Referee Evaluation Resource System untuk para penilai wasit.

Rangkaian acara tersebut diikuti oleh 16 penilai wasit sejak tanggal 22 Februari hingga 25 Februari 2024.

Materi dalam kursus ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa, yang juga dibantu oleh Jimmy Napitupulu dan Agus Hariyono. 

Kursus pelatihan ini dilakukan untuk mengenalkan sistem operasi baru yang akan digunakan oleh PSSI pada musim kompetisi 2024-2025.

"Kami mengadakan kursus pelatihan untuk para penilai wasit, mereka nanti akan menggunakan sistem operasi baru di musim depan," ungkap Ogawa dikutip dari situs PSSI.

Baca juga: Terobosan PSSI di Perwasitan, Refer System

Ogawa juga mengungkapkan alasan diselenggarakannya kursus ini untuk para penilai wasit.

"Karena wasit perlu edukasi, lalu sistem ini tak hanya mengevaluasi wasit, tapi wasit juga bisa melihat video klip dan semuanya, termasuk komentar dari penilai wasit. Ini baik bagi mereka agar bisa memperbaiki diri dengan cepat," jelasnya.

Menurut Ogawa, kegiatan ini memberikan banyak keuntungan karena dapat memberikan evaluasi yang tepat dan skor yang akurat dari sistem untuk Departemen Wasit PSSI. 

"Lalu kami bisa mengidentifikasi siapa yang performanya baik dan siapa yang performanya tidak baik. Kemudian kami bisa mengidentifikasi potensi lebih dari wasit, dari Liga 2 hingga Liga 1. Itu sebabnya, sistem ini memberikan banyak keuntungan bagi kami," kata Ogawa.

Baca juga: Dukung Timnas U23 Indonesia, PT LIB Minta PSSI Hapus Satu Aturan di Liga 1

Alasan lain terselenggaranya kursus refer system adalah untuk mengukur kemampuan para penilai wasit dalam menggunakan komputer. Sebab PSSI akan mengimplementasikan sistem ini pada musim kompetisi mendatang.

"Semua penilai wasit harus menggunakan komputer, tetapi beberapa dari mereka masih berjuang untuk menggunakannya di hari pertama. Bagaimana pun juga, setiap harinya saya melihat beberapa peningkatan," ujar Ogawa.

Dalam kursus ini, para penilai wasit juga dibimbing oleh Raymond Olivier (AFC Referee Instructor) dan Jeremy Kerner (Sports Fusion CEO) melalui Zoom meeting.

Kursus gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari hingga 29 Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com