Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reaksi Menpora soal Klub Liga 1 Tolak Lepas Pemain ke Timnas U23

Kompas.com - 26/02/2024, 22:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, angkat bicara soal penolakan tiga klub Liga 1 untuk melepas pemain mereka ke timnas U23 Indonesia

Timnas U23 Indonesia akan bertanding di Piala Asia U23 2024 di Qatar pada 15 April-3 Mei 2024. Garuda tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. 

Piala Asia U23 tidak termasuk agenda FIFA, maka berdasarkan peraturan yang disepakati, klub-klub Liga 1 tidak wajib melepaskan para pemainnya.

Sejauh ini, ada tiga klub yang menyuarakan penolakannya untuk melepas pemain ke timnas U23 Indonesia, yaitu Persija, Borneo FC, dan PSS Sleman. 

Baca juga: Shin Tae-yong Bidik Timnas U23 Indonesia Lolos 4 Besar Piala Asia U23

Pelatih Persija, Thomas Doll, enggan memberikan pemain ke timnas U23 Indonesia karena fokus mengejar target lolos playoff Championship Series Liga 1 2023-2024. 

Sementara itu, Borneo FC melalui sang manajer, Dandri Dauri, mengatakan timnya membutuhkan seluruh pemain untuk mempertahankan posisi puncak klasemen Liga 1. 

Keputusan yang sama juga diambil PSS Sleman yang menolak melepas Hokky Caraka ke timnas U23 Indonesia sebab sang pemain sangat dibutuhkan tim. 

Menanggapi situasi tersebut, Menpora Dito Ariotedjo berharap klub-klub bisa membantu tim nasional dalam upaya mengharumkan Indonesia di kancah internasional. 

Baca juga: Piala Asia U23: Indonesia di Grup Berat, Tak Gentar, STY Kerja Keras

"Pastinya kami selalu monitor bahwa dari jadwal liga dan agenda-agenda FIFA ini kami berharap bisa selaras," ucap Dito di Kemenpora, Senin (26/2/2024), dikutip dari BolaSport.com. 

"Kalau saya tentu ingin ketika negara memanggil, apalagi jika agenda resmi FIFA, klub bisa secara jiwa Merah Putih melepaskan pemain ke timnas," tutur politisi Partai Golkar ini. 

Piala Asia U23 2024 sekaligus menjadi laga kualifikasi menuju Olimpiade Paris yang akan berlangsung pada 26 Juli-11 Agustus 2024. 

Juara, runner-up, dan tim peringkat ketiga Piala Asia U23 2024 otomatis mendapatkan tiket Olimpiade Paris. 

Sementara itu, tim peringkat keempat masuk ke babak playoff melawan wakil dari Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), yakni Guinea untuk memperebutkan satu tempat lagi di Paris. 

Guinea finis di posisi keempat turnamen Piala Afrika U23 yang sudah rampung digelar pada 8 Juli 2023. (Abdul Rohman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com