Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Empat Tim Semifinalis Liga 2 2023-2024, Duel Barat dan Timur

Kompas.com - 25/02/2024, 12:51 WIB
Suci Rahayu,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kompetisi Liga 2 2023-2024 memasuki semifinal untuk menentukan tim yang akan mendapatkan tiket promosi ke Liga 1 musim depan.

Ada empat tim yang lolos dari babak 12 besar Liga 2 untuk bertarung di babak ini yakni Persiraja Banda Aceh, Semen Padang, Malut United, dan PSBS Biak.

Keempat tim tersebut menghadirkan pertarungan tim wilayah barat dan wilayah timur Indonesia. Persiraja Banda Aceh dan Semen Padang mewakili Sumatera dan wilayah barat sedangkan PSBS Biak dan Malut United mewakili Indonesia Timur.

Berdasarkan hasil drawing babak semifinal Liga 2 2023-2024 yang dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Persiraja akan berhadapan dengan PSBS sedangkan di laga lainnya Semen Padang akan melawan Malut United.

Baca juga: Tuah Stadion Madya Jadi Modal Malut United Menjinakkan Kerbau Merah

Direktur PT LIB, Ferry Paulus, mengatakan bahwa drawing semifinal Liga 2 musim ini memang akan terasa berat bagi masing-masing tim karena laga dihelat dengan format kandang-tandang.

Kendati begitu, menurutnya hal tersebut merupakan dinamika yang harus dihadapi keempat tim tersebut.

“Persiraja harus bertemu dengan Biak dari ujung ke ujung (Timur ke Barat). Tadi teman-teman klub sudah menyampaikan keresahannya karena perjalanannya akan memakan waktu kira-kira dua hari, yakni dari Papua ke Jakarta dan besoknya dari Jakarta ke Aceh,” tuturnya.

Malut United menjalani sesi latihan resmi menjelang laga lanjutan Liga 2 melawan Bekasi FC.Dok. Malut United Malut United menjalani sesi latihan resmi menjelang laga lanjutan Liga 2 melawan Bekasi FC.

Berikut profil 4 tim yang akan bertanding di semifinal Liga 2 2023-2024:

1. Malut United FC

Bisa dibilang Malut United adalah tim Liga 2 rasa Liga 1 karena semua lini mereka dihuni oleh pemain-pemain yang pernah mentas di Liga 1, mulai dari penjaga gawang hingga penyerang.

Malut mengandalkan pemain-pemain berpengalaman seperti Joko Ribowo, Rio Saputra, Bagus Nirwanto, Deddy Gusmawan, Finky Pasamba, Alwi Slamat, Wawan Febrianto, hingga rekrutan anyar di paruh musim, Frets Butuan, yang didatangkan dari Persib Bandung.

Baca juga: Lawan Semen Padang di Semifinal Liga 2, Malut United Siap Kerja Keras

Malut United menjadi salah satu tim yang difavoritkan promosi Liga 1 musim depan dan menjadi juara Liga 2 musim ini.

Pemain PSBS Biak foto bersama sebelum laga pekan ketiga babak 12 besar liga 1 2023-2024 melawan Persipal Babal United yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Cendrawasih Biak, Rabu (17/1/2024) sore.Dokumentasi PSBS Biak Pemain PSBS Biak foto bersama sebelum laga pekan ketiga babak 12 besar liga 1 2023-2024 melawan Persipal Babal United yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Cendrawasih Biak, Rabu (17/1/2024) sore.

2. PSBS Biak

Tim ini juga banyak dihuni pemain-pemain bintang di semua lini mulai dari Gery Mandagi, Israel Wamiau, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Fabiano Beltrame, Ruben Sanadi, Muhammad Tahir, Osas Saha, dan Beto Goncalves. Mereka sekaligus menjadi salah satu tim favorit juara Liga 2 musim ini.

Materi pemain-pemain bintang yang kenyang pengalaman di Liga 1 tersebut memberi kontribusi positif pada performa tim sejak bergulirnya Liga 2 2023-2024 lalu. PSBS tampil begitu superior dengan memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke babak semifinal.

Pemain Persiraja Banda Aceh untuk mengarungi Liga 2 2023-2024, Andik Vermansah.Dokumentasi Persiraja Banda Aceh Pemain Persiraja Banda Aceh untuk mengarungi Liga 2 2023-2024, Andik Vermansah.

3. Persiraja Banda Aceh

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com