Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napoli Pecat Mazzarri Jelang Lawan Barcelona di Liga Champions

Kompas.com - 20/02/2024, 04:34 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber ESPN

KOMPAS.com - Napoli memecat Walter Mazzarri dari kursi pelatih menjelang pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Barcelona di Stadion Diego Armando Maradona, Rabu (21/2/2024).

Dikutip dari ESPN, juara Serie A Liga Italia musim lalu itu juga mengumumkan pelatih Slowakia, Francesco Calzona, akan menggantikan Mazzarri dengan kesepakatan hingga akhir musim.

Pada musim ini, Calzona akan menjadi pelatih ketiga Napoli, yang mengalami musim "kacau", sebelum Rudi Garcia dan Mazzarri.

Hasil imbang 1-1 di kandang melawan Genoa pada hari Sabtu lalu menjadi akhir bagi Mazzarri, yang menggantikan Rudi Garcia pada November lalu.

Baca juga: Jadwal Liga Champions: Inter Vs Atletico Madrid, Napoli Vs Barcelona

Mazzarri hanya mencatat enam kemenangan dalam 17 pertandingan terakhir. Hal itu memaksa Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, bertindak menjelang melawan Barca.

Sebelum Mazzarri, Rudi Garcia ditunjuk menggantikan pelatih peraih scudetto, Luciano Spalletti, yang hengkang untuk menjadi pelatih timnas Italia. Garcia hanya memenangi delapan dari 16 pertandingan.

Napoli memenangi Serie A untuk ketiga kalinya dalam sejarah mereka musim lalu dan pertama kalinya sejak 1990.

Namun, upaya mereka untuk mempertahankan gelar musim ini menemui jalan terjal.

Setelah bermain imbang dengan Genoa, Napoli berada di urutan kesembilan dalam klasemen, terpaut sembilan poin dari zona Liga Champions dan tertinggal 27 poin dari pemuncak klasemen, Inter Milan.

Baca juga: Bekuk Celta Vigo, Barcelona Bidik Napoli di Liga Champions

Adapun Calzona, yang merupakan staf kepelatihan Spalletti di Napoli sebelum melatih Slovakia pada 2022, kini akan ditugaskan untuk "mengubah" musim Napoli.

Pertandingan pertama pelatih asal Italia itu adalah melawan Barcelona di Liga Champions dan pertandingan liga melawan Cagliari, Sassuolo, Juventus, serta Torino.

Usai itu, dia akan memimpin Napoli melawan Barcelona pada leg kedua di Spanyol pada 12 Maret 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com