Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas Indonesia Vs Filipina, Garuda Belajar Usai "Dihajar" Irak

Kompas.com - 19/11/2023, 12:20 WIB
Ahmad Zilky,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memperingatkan agar skuad Garuda belajar dari kesalahan menjelang duel melawan Filipina.

Timnas Indonesia akan menjalani laga kontra Filipina dalam putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Laga timnas Indonesia vs Filipina dalam jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 berlangsung di Stadion Rizal Memorial pada Selasa (21/11/2023).

Duel melawan Filipina bisa menjadi momentum kebangkitan bagi timnas Indonesia seusai kalah telak dari Irak dengan skor 1-5.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Usai Kalah Telak dari Irak, Lawan Filipina

Kebangkitan timnas Indonesia bisa terwujud seandainya Asnawi Mangkualam dan kolega mampu meminimalisasi kesalahan saat melawan Filipina.

Menurut Shin Tae-yong, timnas Indonesia memang banyak melakukan kesalahan ketika kebobolan gol pertama sampai ketiga menghadapi Irak.

“Jadi, yang namanya sepak bola, bisa menang dan kalah,” kata Shin Tae-yong, dikutip dari laman resmi PSSI.

“Namun, memang banyak faktor yang menyulitkan kami mulai waktu, jetlag, dan lain-lain,” imbuh mantan pelatih Korea Selatan itu.

Baca juga: Timnas Indonesia Kalah Telak dari Irak, Saat Rencana STY Tak Berjalan Mulus

“Untuk itu, saya mengingatkan kembali kepada para pemain agar tak melakukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan mulai dari gol pertama sampai ketiga.”

Pelatih berumur 53 tahun itu pun meyakini timnas Indonesia sudah belajar dari kesalahan saat merasakan kebobolan dari Irak.

“Kami kemasukan gol, jadi pemain pun paham dan mengerti apa yang harus dilakukan sebelum melawan Filipina," ujarnya.

“Jadi, saya juga akan mempersiapkan pertandingan lebih baik. Tentunya, masyarakat sepak bola Indonesia menantikan laga berikutnya,” kata dia.

Kendati demikian, STY mengungkapkan bahwa kondisi timnas Indonesia tak ideal setelah melakukan perjalanan selama delapn jam.

Baca juga: Psikolog Timnas Indonesia U-17 Membicarakan Beban dan Dukungan dalam Lingkungan Sepak Bola

Situasi itu bukan alasan bagi Shin Tae-yong. Ia berjanji akan mempersiapkan anak-anak asuhnya di timnas Indonesia dengan baik.

Shin lalu menginginkan para pemain timnas Indonesia beradaptasi cepat dengan rumput sintetis di arena laga melawan Filipina yakni Stadion Rizal Memorial.

“Setelah laga melawan Irak, kami pindah ke Filipina, seharian di jalan, jadi kondisi pemain letih dan lelah, tetapi saya akan mempersiapkan tim dengan baik,” kata dia.

“Seperti apa yang dilihat, rumputnya bukan asli, tetapi sintetis. Jadi, kami fokus latihan pemulihan dan sekaligus latihan biar pemain cepat adaptasi dengan rumput sintetis,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com