Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Dunia U17 2023, Gagal Samai Inggris dan Brasil, Iran Harus Puas Peringkat Tiga

Kompas.com - 18/11/2023, 13:30 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Timnas U17 Iran berhasil menang telak pada pertandingan terakhir Grup C Piala Dunia U17 2023 Indonesia menghadapi Kaledonia Baru

Hasil Iran vs Kaledonia Baru berkesudahan dengan skor 5-0 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (17/11/2023).

Gelontoran gol diciptakan Amir Mohammad Razaghinia menit 17 dan 34, menyusul gol Reza Ghandipour menit 76, serta gol Mohammad Akari dan Kasra Taheri di masa injury time. 

Walau menang besar, Iran harus puas berada di peringkat ketiga karena kalah selisih gol, meski mampu mengoleksi poin yang sama dengan Inggris dan Brasil (6 poin). 

Baca juga: Piala Dunia U17, Suara Harapan Perdamaian Dunia dari Pelatih Iran

Pelatih Iran Hossein Abdi menyusun rencana untuk menang besar melawan Kaledonia Baru demi menyaingi Brasil dan Inggris. Brasil mampu mengalahkan Kaledonia Baru 9-0 sementara Inggris bisa menang 10-0. 

Agar bisa lolos otomatis ke 16 besar, jelas Iran dituntut menang dengan skor mencolok seperti dua negara yang pernah juara tersebut. 

Namun, Iran hanya mampu menang dengan skor 5-0, selisih gol harus tertinggal dari Brasil dan Inggris. 

Hingga akhirnya harus puas lolos dengan status peringkat tiga terbaik turnamen. Iran menjadi klub Asia selanjutnya yang memastikan lolos ke-16 besar setelah Jepang dan kemungkinan Uzbekistan. 

Baca juga: Saat Pelatih Timnas U17 Iran Siap Membungkuk Hormat untuk Indonesia...

“Kami berusaha dengan keras dan mencetak banyak gol. Tapi sayangnya mereka banyak membuang peluang dan ada satu penalti gagal,” terang Hossein. 

“Mereka (Kaledonia Baru) juga bermain dengan bagus ketika bertahan dan kami respek kepada semua tim. Mereka juga mendapat banyak pengalaman dari turnamen ini,” paparnya. 

Selebrasi gol dari Abolfazl Zoleikhaei dalam kemenangan Timnas U17 Iran dalam matchday ketiga Grup C Piala Dunia U17 2023 Indonesia antara Iran vs Kaledonia Baru di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (17/11/2023).KOMPAS.com/Adil Nursalam Selebrasi gol dari Abolfazl Zoleikhaei dalam kemenangan Timnas U17 Iran dalam matchday ketiga Grup C Piala Dunia U17 2023 Indonesia antara Iran vs Kaledonia Baru di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Jumat (17/11/2023).

Hossein juga merasa timnya tidak diuntungkan karena harus berpindah kota di matchday ketiga. Berbeda dengan Brasil dan Inggris yang menetap bermain di Jakarta International Stadium (JIS). 

Para pemainnya harus melakukan perjalanan di tengah masa recovery yang sangat singkat. 

Baca juga: Daftar Tim Lolos 16 Besar Piala Dunia U17 2023, Argentina-Brasil Terbaru

“Ya itu menjadi masalah, karena ada tim lain yang tetap tinggal di satu stadion saja. Saya tidak paham kenapa mereka melakukan itu. Karena sangat melelahkan dan kami harus melakukan recovery,” terangnya. 

“Kebanyakan tim—bukan hanya tim kami—melakukan perjalanan tiga jam ke sini dan berubah lingkungannya, berubah lapangannya, dan harus diperhatikan waktu recovery bagi pemain berusia 17 tahun.”

“Mereka masih anak-anak dan harus beristirahat dengan bagus, bukan hanya fisik tapi juga mental,” jelasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com