Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Bisa Terjadi pada Laga Timnas Indonesia Vs Brunei

Kompas.com - 12/10/2023, 08:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menyajikan duel antara timnas Indonesia dan Brunei Darussalam. 

Duel Indonesia vs Brunei dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023) pukul 19.00 WIB. 

Ada lima hal yang kemungkinan terjadi pada pertandingan Indonesia vs Brunei. Salah satunya adalah potensi Garuda kembali meraih kemenangan telak. 

Baca juga: Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia Vs Brunei, Tanpa Marselino

Berikut 5 hal yang bisa terjadi pada laga Indonesai vs Brunei

1. Pesta Gol 

Timnas Indonesia akrab dengan skor besar saat melawan Brunei Darussalam. Kedua tim sudah bertemu 11 kali di berbagai kompetisi. 

Hasilnya, Indonesia tak terkalahkan dengan rincian tujuh kemenangan, dua kekalahan, dan dua hasil imbang. 

Tujuh kemenangan atas Brunei diraih Indonesia dengan skor 4-0 (1977), 2-0 (1987), 6-0 (1989), 3-0 (1990), 3-0 (1999), 5-0 (2012), 7-0 (2022). 

Baca juga: Indonesia Vs Brunei, Ambisi Marc Klok Bawa Garuda ke Ronde Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

2. Pertajam Rekor Kemenangan

Pesepak bola Timnas Indonesia Jordi Amat (tengah) berusaha menendang bola yang coba dihalau pesepak bola Timnas Turkmenistan Bashimov Abdy (kiri) saat pertandingan persahabatan FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/9/2023). Artikel ini berisi daftar 26 pemain timnas Indonesia untuk lawan Brunnei Darussalam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 seusai Yance Sayuri dan Jordi Amat dicoret. ANTARA FOTO/Moch Asim/nym.MOCH ASIM/ANTARA FOTO Pesepak bola Timnas Indonesia Jordi Amat (tengah) berusaha menendang bola yang coba dihalau pesepak bola Timnas Turkmenistan Bashimov Abdy (kiri) saat pertandingan persahabatan FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/9/2023). Artikel ini berisi daftar 26 pemain timnas Indonesia untuk lawan Brunnei Darussalam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 seusai Yance Sayuri dan Jordi Amat dicoret. ANTARA FOTO/Moch Asim/nym.

Pesta gol ke gawang lawan nantinya juga akan mengantarkan Indonesia memperpanjang rekor menjadi 8 kemenangan atas Brunei Darussalam. 

3. Perubahan Posisi

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa akan ada sejumlah pemain yang bermain di luar posisi asli. Hal itu dilakukan Shin Tae-yong demi mengincar gol banyak.

Baca juga: Timnas Indonesia Vs Brunei, Lawan Curi Ide Garuda dari “Mata-mata”

“Kami harus menunjukkan yang terbaik di lapangan, di luar tim lawan tim kuat atau tidak,” ucap Shin Tae-yong.

“Kami harus melakukan permainan kami. Memang pastinya bakal ada banyak pemain tukar posisi di lapangan,” katanya.

“Akan ada pemain yang beroperasi di luar posisinya karena kami bakal berusaha mencetak gol banyak,” lanjut dia.

4. Tak Ada Rotasi Pemain

Demi mewujudkan target pesta gol, Shin Tae-yong juga tidak akan melakukan rotasi. Pemain-pemain inti dipastikan akan menjadi starter. 

"Besok tidak ada rotasi pemain di line-up tim dan saya sudah mempersiapkan semuanya agar kami bisa mencetak gol sebanyak mungkin di kandang (SUGBK)," kata Shin Tae-yong, dikutip dari Antara News. 

5. Susunan Pemain Tanpa Rafael Struick dan Marselino 

Gelandang timnas U23 Indonesia, Marselino Ferdinan, merayakan gol ke gawang Taiwan pada laga Kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu (9/9/2023). Terkini, Marselino Ferdinan dan Rafael Struick tak akan membela timnas Indonesia saat melawan Brunei Darussalam dalam leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga timnas Indonesia vs Brunei berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Rabu (11/10/2023).KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Gelandang timnas U23 Indonesia, Marselino Ferdinan, merayakan gol ke gawang Taiwan pada laga Kualifikasi Piala Asia U23 2024 di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu (9/9/2023). Terkini, Marselino Ferdinan dan Rafael Struick tak akan membela timnas Indonesia saat melawan Brunei Darussalam dalam leg pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Laga timnas Indonesia vs Brunei berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) pada Rabu (11/10/2023).

Timnas Indonesia dipastikan tanpa Marselino dan Rafael Struick yang menepi karena cedera. Meski demikian, Shin Tae-yong masih punya banyak opsi. 

Tanpa Struick, lini depan timnas Indonesia bisa diisi Dendy Sulistyawan dengan dukungan dua sayap yaitu Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani. 

Sementara itu, Shin Tae-yong bisa memainkan duo Persib Bandung, Rachmat Irianto dan Marc Klok, di tengah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com