Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U17 Indonesia Vs Korea Selatan: Garuda Muda Pelajari Finalis Piala Asia

Kompas.com - 29/08/2023, 20:00 WIB
Muhammad Reza Triatmodjo,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Timnas U17 Indonesia akan melakukan pertandingan persahabatan melawan Korea Selatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (30/8/2023).

Partai uji coba dengan Korea Selatan masuk dalam rangkaian persiapan pasukan asuhan Bima Sakti menuju Piala Dunia U17 2023 di Indonesia.

Persiapan timnas U17 Indonesia mencakup beragam latihan dan pemusatan tim di berbagai lokasi.

Sejak awal bulan Juli 2023, skuad Garuda Muda telah menjalani rangkaian latihan di beberapa tempat, termasuk Jakarta, Bali, dan Solo, sebelum akhirnya kembali menempa diri di Ibu Kota.

Baca juga: Bima Sakti Dikritik karena Latih Timnas di Piala Dunia U17: Sadar Tak Sempurna, Siap Belajar

Persiapan bukan hanya sekadar menyentuh aspek fisik dan teknik, tetapi juga menyangkut hubungan antarpersonel tim.

Laga uji coba melawan Korea Selatan akan menjadi tes bagus bagi timnas U17 Indonesia asuhan Bima Sakti.

"Besok pertandingan yang sangat penting, bisa untuk mengukur sampai di mana kemampuan kami. Semua sudah dipersiapkan, semoga pemain bisa memberikan yang terbaik," ucap pelatih berusia 47 tahun tersebut.

Di bawah kepemimpinan Bima Sakti, timnas U17 Indonesia berupaya menemukan komposisi pemain yang tepat.

Bima Sakti sebelumnya telah melaksanakan seleksi ketat di 12 kota sebagai jalan menambah amunisi pemain timnas U17 Indonesia.

Proses itu tentu memerlukan evaluasi mendalam demi menemukan pemain yang memiliki kemampuan dan potensi untuk membawa timnas U17 meraih prestasi maksimal.

Baca juga: Hasil Timnas U17 Indonesia Vs Barcelona, Garuda Dihujani Tiga Gol

Dari proses seleksi ini, lima pemain yang dianggap memiliki kapabilitas untuk memperkuat timnas telah berhasil ditemukan.

Mereka diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam perjalanan timnas Indonesia menuju Piala Dunia U17 2023.

Sejauh ini, timnas U17 Indonesia yang memakai nama Garuda United telah menjalani uji coba melawan Barcelona Juvenil A (0-3) dan Kashima Antlers U18 (2-3).

Duel melawan tim nasional Korea Selatan akan menyajikan tantangan lanjutan buat Garuda Muda, mengingat tim Asia Timur itu merupakan finalis Piala Asia U17 2023.

Dalam laga final Piala Asia U17 2023, Korsel kalah 0-3 dari Jepang. Cuplikan pertandingan itu menjadi bahan pelajaran untuk timnas U17 Indonesia.

"Kami sudah melihat potongan-potongan video, bagaimana mereka (Korea Selatan) bermain ketika melawan Jepang di final Asia U17," ujar Bima Sakti ketika menghadiri konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (29/8/2023).

"Semoga para pemain bisa menerapkan apa yang sudah kami latih selama ini dan pemain percaya bisa memberikan yang terbaik untuk pertandingan melawan Korea Selatan U17," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com