Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Siap Gelar FIBA World Cup 2023, Berikut Daftar Pemain NBA yang Tampil di Jakarta

Kompas.com - 21/07/2023, 13:30 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.com - Jakarta dipastikan siap menggelar FIBA Basketball World Cup 2023 yang akan bergulir 25 Agutus hingga 3 September. 

Erick Thohir sebagai FIBA Board Member menjelaskan, kesiapan panitia penyelenggara ditambah telah rampungnya Indonesia Arena dengan kapasitas 16 ribu penonton di Gelora Bung Karno, Senayan, menandakan Indonesia bergairah mementaskan kejuaraan Piala Dunia Bola Basket bergengsi itu.

"Sebulan lagi, Indonesia akan menjadi sorotan dunia karena menggelar Piala Dunia bola basket. Kita punya stadion indoor baru dan megah, serta juara bertahan, sekaligus peringkat pertama dunia bola basket, Spanyol tampil di sini," kata Erick dalam rilis kepada Kompas.com, Jumat (21/7/2023). 

Baca juga: FIBA Puji Indonesia Arena Jelang Piala Dunia Basket 2023: Tanpa Cela, Fasilitas Standar Dunia

"Artinya, kita harus siap pula menjadi tuan rumah yang baik dan sukses sehingga ajang ini makin melambungkan nama Indonesia," ujar Erick menambahkan.

Dalam jamuan yang diadakan PP Perbasi itu hadir lima perwakilan dari delapan negara peserta, yakni Duta Besar Spanyol, Francisco Aguilera Aranda, Vazken Kavlakian (Charge d'Affaires Kedutaan Lebanon), Mahdi Rounagh (Charge d'Affaires Kedutaan Iran), Lindolpho Cademartori (Deputy Chief of Mission Kedutaan Brazil), dan Mark Strasser (Charge d'Affaires Kedutaan Kanada).

"Saya menangkap antusiasme tinggi dari perwakilan negara-negara sahabat tersebut. Mereka juga tak sabar dan siap meramaikan Indonesia Arena saat tim negaranya bertanding, karena bagaimana juga Piala Dunia bola basket ini ajang empat tahunan yang levelnya serupa dengan Olimpiade," jelas dia. 

Pada acara tersebut, Erick didampingi Raffi Ahmad, local ambassador FIBA World Cup 2023, Ketua Joint Management Committee (JMC) FIBA World Cup 2023, Cahyadi Wanda, dan Wasekjen Perbasi, Rufiana. 

Erick meminta pecinta olahraga, khususnya bola basket, Tanah Air tidak melewatkan kesempatan besar menyaksikan aksi-aksi bintang bola basket dunia dari berbagai negara yang beberapa pemain berkiprah di NBA.

"Ini kesempatan langka. Meski kita menjadi tuan rumah bersama Jepang dan Filipina, tapi momen menjadi tuan rumah Piala Dunia bola basket belum tentu datang dalam 10 atau 20 tahun lagi. Serupa seperti saat kita jadi tuan rumah Asian Games 2018, atau nanti saat menggelar FIFA World Cup U-17, ini kesempatan kita menunjukkan kemajuan Indonesia di mata internasional," jelas Erick.

Sebanyak 32 negara bertanding di FIBA Basketball World Cup yang berlangsung di Indonesia, Jepang, dan Filipina.

Jakarta sebagai tuan rumah akan memanggungkan laga babak penyisihan di dua grup, yakni Grup G yang terdiri dari Spanyol, Iran, Pantai Gading, dan Brasil. 

Sementara Grup H berisikan Kanada, Latvia, Lebanon, dan Perancis.

Daftar Pemain NBA di FIBA World Cup 2023 Jakarta:

Grup G:
- Brasil: Raul Neto (Cleveland Cavaliers)

- Pantai Gading: Tanpa pemain NBA

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com