Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20, Bagaimana Nasib Timnas U20?

Kompas.com - 30/03/2023, 04:16 WIB
Ahmad Zilky,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com – FIFA secara resmi mengumumkan bahwa Indonesia dicopot menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Lantas, bagaimana nasib timnas U20 Indonesia di ajang akbar itu?

Piala Dunia U20 2023 mempunyai 24 kontestan yang tersebar dari berbagai konfederasi benua, mulai dari Eropa hingga Amerika Selatan.

Kala itu, timnas U20 Indonesia termasuk dari 24 peserta Piala Dunia U20 2023 karena berstatus tuan rumah.

Akan tetapi, setelah Piala Dunia U20 2023 batal bergulir di Indonesia, skuad muda Garuda berpotensi kehilangan tempat.

Baca juga: Kronologi FIFA Resmi Batalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20

Skenario itu terwujud seandainya tuan rumah yang ditunjuk menggantikan Indonesia berstatus belum lolos kualifikasi Piala Dunia U20.

Jika tuan rumah pilihan FIFA telah memastikan tempat di Piala Dunia U20 2023, Indonesia berpotensi menjadi bagian ajang dua tahunan itu.

Salah satu syaratnya adalah Indonesia bebas sanksi FIFA seusai dicopot statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Keputusan FIFA memang menyebutkan bahwa Indonesia kemungkinan bakal menerima sanksi karena dicabut statusnya sebagai penyelenggara Piala Dunia U20 2023.

Baca juga: Piala Dunia U20 Batal, Akmal Marhali Tuntut Permintaan Maaf dan Tanggung Jawab

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dan tanggal turnamen (Piala Dunia U20) saat ini tetap tidak berubah,” tulis FIFA.

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” lanjut FIFA soal kans Indonesia terkena sanksi.

Adapun FIFA resmi mencabut status Indonesia dari tuan rumah Piala Dunia U20 2023 pada Rabu (29/3/2023).

FIFA membuat keputusan soal membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 setelah Presiden FIFA, Gianni Infantino, bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah,” tulis FIFA.

Baca juga: Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023, Indonesia Terancam Sanksi FIFA

Nantinya, FIFA bakal kembali menggelar pertemuan lanjutan dengan Ketum PSSI, Erick Thohir.

“Pertemuan baru antara Presiden FIF dan Ketum PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat,” kata FIFA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com