Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PSM Makassar Apresiasi Suporter dan Harapan pada Erick Thohir

Kompas.com - 20/02/2023, 08:40 WIB
Suci Rahayu,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih Bernardo Tavares memberikan apresiasi kepada totalitas suporter PSM Makassar di setiap pertandingan home yang dijalani.

Berkat suntikan semangat yang luar biasa, tim berhasil menorehkan rekor tak terkalahkan setiap bermain di Stadion Gelora BJ Habibie.

Belum ada satu tim tamu yang pernah menang saat bertanding di stadion yang terletak di daerah Pare-Pare, Sulawesi Selatan itu.

PSM total sudah melaksanakan sembilan laga dengan delapan diantaranya menang dan sekali imbang.

Baca juga: Persib Memburu PSM, 10 Laga Final Menuju Juara Liga 1

Tim-tim yang berhasil ditaklukan pun bukan sembarangan. Mereka mengalahkan Bali United (2-0), Arema FC (1-0) sebelum Tragedi Kanjuruhan, Persib Bandung (5-1), Persebaya Surabaya (3-0), serta imbang melawan Persija (1-1).

Terakhir PSM mengalahkan Persik Kediri dengan skor 2-1 pada laga pekan ke-25 Liga 1 2022-2023, Minggu (19/2) sore.

“Pertama-pertama saya ingin mengucapkan kepada suporter kita. Pertandingan tadi bukan pertandingan mudah bagi kita dan dukungan mereka sangat berarti untuk kita,” ujar Bernardo Tavares.

“Saya ucapkan pada suporter kita pada saat mereka menyamakan kedudukan kalau ini ini di kandang lawan tanpa suporter mungkin kita kehilangan energi ekstra.”

“Jadi saya mengucapkan terima kasih pada mereka dan saya berharap suporter bisa mendampingi kita kemanapun kita berada maupun diluar pun dapat memberikan dukungan,” tambahnya.

Sayang manisnya pengalaman Bernardo Tavares bersama suporter PSM ternodai serangkaian peristiwa buruk yang terjadi di kalangan suporter Indonesia saat ini.

Mulai dari Tragedi Kanjuruhan yang menelan 135 korban jiwa, kasus penyerangan terhadap Arema FC, gesekan antar oknum suporter di daerah dan terakhir kericuhan di Stadion Jatidiri Semarang.

Ia menaruh harapan besar pemilihan jajaran kabinet baru PSSI bisa menghadirkan solusi untuk masalah suporter ini. Supaya seluruh element bisa menikmati sepak bola Indonesia secara seutuhnya dan sebaik mungkin.

“Dengan terpilihnya ketua baru saya berharap mereka bisa menjalankan tugas mereka dengan baik. Memberikan usaha terbaik mereka untuk mengangkat kualitas persepakbolaan kita,” tutur pelatih asal Portugal.

Pelatih PSM Makassar di Liga 1 2022-2023, Bernardo Tavares.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih PSM Makassar di Liga 1 2022-2023, Bernardo Tavares.

“Saya berharap para fans dan suporter tdk berkelahi atau berseteru dengan suporter lain pada saat semuanya damai sinkron sesama pemain, pelatih, tim dan juga federasinya tentunya persepakbolaan yang lebih baik disini,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com