Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komentar Rasiman tentang Gol Pertama Abimanyu di Piala AFF 2022

Kompas.com - 27/12/2022, 07:00 WIB
Suci Rahayu,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gol pertama Syahrian Abimanyu pada menit ke-20 membuka pesta gol Indonesia 7-0 ke gawang Brunei pada penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Kuala Lumpur, Senin (26/12/2022).

Enam gol lainnya yang bikin Indonesia pesta gol, dicetak Dendy Sulistyawan (41'), Egy Maulana Vikri (59'), Ilija Spasojevic (60'), Ramadhan Sananta (68'), Marc Klok (86') dan Yakob Sayuri (90+2').

Gol ini istimewa untuk pemain Persija Jakarta tersebut. Ini adalah gol pertamanya di ajang Piala AFF bersama Timnas Indonesia.

Baca juga: Kata Shin Tae-yong soal Timnas Indonesia Vs Thailand: Bola Itu Bulat...

Selain itu, momen melawan Brunei ini pun menjadi pertama bagi Abimanyu tampil penuh di Piala AFF.

Sebelumnya, ia ikut andil pada Piala AFF 2020 lalu di Singapura. Namun ia tidak pernah bermain penuh karena mengalami cedera.

Ia hanya tampil selama 18 menit dalam pertandingan perdana melawan Kamboja. Kemudian tampil selama 5 menit saja pada leg kedua final melawan Thailand.

Penampilan apik Syahrian Abimanyu pun mendapatkan pujian dari sang ayah, Rasiman.

Ia mengatakan pemain yang bisa disapa Abi itu telah berhasil menyesuaikan ritme dengan skema main Shin Tae-yong sehingga bisa tampil apik dan sesuai harapan.

"Shin Tae-yong memang selalu main vertikal jadi tim memang tidak fokus di penguasaan permainan. Mungkin memang mengejar gol, jadi sah-sah aja bermain vertikal sepanjang waktu," ujar asisten pelatih Persis Solo, Rasiman kepada Kompas.com.

Baca juga: Timnas Indonesia Lumat Brunei 7-0 di Piala AFF 2022: Semua Pemain Man of The Match!

"Jadilah bagian taktik dari Shin Tae Yong, harus lebih banyak berlari vertikal, jadi peluang untuk buat goal akan lebih banyak.”

"Dia (Abimanyu) punya kualitas teknik yang baik, jadi kalau dia dapat peluang insya Allah bisa bantu tim dengan gol dan kontribusi lain," tambahnya.

Pelatih sementara Persis Solo, Rasiman, akan memimpin tim saat menghadapi Madura United dalam lanjutan Liga 1 2022-23.Dok. Persis Solo Pelatih sementara Persis Solo, Rasiman, akan memimpin tim saat menghadapi Madura United dalam lanjutan Liga 1 2022-23.

Kendati demikian, Rasiman mengingatkan sang putra untuk tidak berpuas diri. Piala AFF 2022 masih panjang dan penuh perjuangan.

Ia pun berpesan supaya Syahrian Abimanyu mengeluarkan usaha terbaiknya.

"Work harder, pray hardest (berkerja lebih keras dan berdoa paling sungguh-sungguh)," pungkas pelatih asal Banjarnegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com