Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manchester United Tulis Kata-kata Perpisahan untuk Cristiano Ronaldo

Kompas.com - 22/12/2022, 12:20 WIB
Rafiandra Putra Andika,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

Sumber Sky Sports

KOMPAS.com - Manchester United memberikan sejumlah kata perpisahan yang dituliskan pada matchday programme dalam pertandingan Man United vs Burnley.

Man United berhasil lolos ke perempat final Carabao Cup mengalahkan Burnley 2-0 dalam babak keempat turnamen itu di Old Trafford pada Kamis (22/12/2022) dini hari WIB.

Pertandingan ini merupakan laga kompetitif pertama yang dijalani tim berjuluk Setan Merah setelah memutus kontrak dengan mantan bintangnya, Cristiano Ronaldo pada 22 November lalu.

Pemutusan kontrak ini adalah imbas dari wawancara kontroversial yang dilakukan Ronaldo bersama dengan Piers Morgan, di mana Ronaldo mengkritisi klub dan manajer Man United, Erik ten Hag.

Baca juga: Hasil Man United Vs Burnley: Gol Solo Rashford Antar MU ke Perempat Final

Ten Hag tidak berbicara banyak mengenai situasi klub bersama Ronaldo, bahkan ia mengatakan klub sudah mengalihkan fokus dari Ronaldo dan ia adalah masa lalu, pada wawancara saat training camp di Spanyol.

Pelatih asal Belanda tersebut kembali ditanya soal kepergian Ronaldo dari Man United pada konferensi pers setelah pertandingan melawan Burnley.

"Saya telah memberi Anda semua kesempatan, banyak dari kalian yang berada di Spanyol. Kami telah membuat pernyataan, kami fokus ke masa depan," ujar Ten Hag, dikutip dari Sky Sports.

Pada matchday programme yang dibagikan pada para penonton di Old Trafford, Ten Hag lebih memilih untuk membicarakan soal training camp di Spanyol, laga uji coba melawan Cadiz dan Real Betis, serta komunikasi dengan pemain yang bermain di Piala Dunia 2022.

Baca juga: Ambisi Ten Hag bersama Man United Usai Piala Dunia 2022

Namun, dalam programme yang sama, ada sedikit kata-kata yang dituliskan untuk berterima kasih pada Ronaldo, yang ditulis pada bagian United Review.

Pada pernyataan tersebut, dituliskan sejumlah gelar dan pencapaian yang berhasil diraih kapten timnas Portugal tersebut bersama dengan Manchester United.

"Cristiano Ronaldo meninggalkan klub lewat kesepakatan bersama pada bulan lalu," pada awal pernyataan tersebut.

"Megabintang asal Portugal itu mencetak 145 gol dalam dua periode dan 436 penampilan, membantu kami menjuarai tiga gelar Liga Inggris, satu Piala FA, dua Piala Liga, satu Liga Champions dan FIFA Piala Dunia Antarklub."

Baca juga: Ten Hag Bandingkan Rashford dan Mbappe di Piala Dunia 2022 Qatar

"Ronaldo juga dianugerahi gelar Ballon d'Or pada tahun 2008. Dalam pernyataan pada 22 November, klub menyatakan terima kasihnya pada kontribusi Cristiano dan berharap yang terbaik padanya dan keluarganya di masa depan," tulis Manchester United.

Hingga saat ini, Ronaldo belum mendapatkan klub, meskipun sempat ada ketertarikan dan rumor kencang bahwa ia akan bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Nassr.

Sementara Manchester United tengah persiapan berlaga lagi di Liga Inggris. Laga pertama setelah jeda kontra Nottingham Forest di Old Trafford pada Rabu (28/12/2022) dini hari WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com