Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Argentina Vs Perancis, Cinta Monster Albiceleste untuk Messi 

Kompas.com - 15/12/2022, 14:00 WIB
Jason Timothy Yudha ,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kiper Argentina, Emiliano Martinez, yang disebut "monster" oleh Lionel Messi, mengungkapkan bahwa timnya telah mengalami banyak peningkatan usai mengalahkan Kroasia pada semifinal Piala Dunia 2022.

Pertandingan Argentina vs Kroasia dalam jadwal Piala Dunia 2022 sudah rampung bergulir di Stadion Lusail, Doha, Qatar, pada Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

La Albiceleste, julukan timnas Argentina, memulai perjalanan Piala Dunia mereka dengan kekalahan mengejutkan dari Arab Saudi di Stadion Lusail, Selasa (22/12/2022).

Alhasil, kekalahan dari Arab Saudi itu membuat rekor tak terkalahkan timnas Argentina yang sudah berjalan 36 laga beruntun sejak Juli 2019, akhirnya resmi terhenti.

Baca juga: Profil Ibrahima Konate, Keturunan Imigran Mali Bela Perancis di Piala Dunia 2022

Namun, sejak kekalahan tersebut, Argentina berhasil menunjukkan performa impresif dan hanya menyisakan satu pertandingan lagi untuk meraih gelar Piala Dunia ketiga yang telah lama ditunggu-tunggu.

"Sejak saya mulai bermain di tim ini, kami mengalami banyak peningkatan. Kami bukan hanya juara Copa America dan juga Finalissima, tim ini selangkah lebih maju," kata Emiliano Martinez dilansir dari Channel News Asia.

"Kami harus percaya pada hal-hal besar. Percaya dan bekerja untuk itu adalah sesuatu yang sangat menggambarkan kami, dengan rasa hormat dan ambisi. Kami sudah memiliki bakat," ucap kiper timnas Argentina itu.

"Saya bermimpi untuk kembali ke Argentina dan melakukan pawai kemenangan dengan rekan satu tim saya di Obelisco (landmark di Buenos Aires)," tuturnya.

Baca juga: Jelang Final Piala Dunia 2022, Messi Cedera Hamstring?

Kiper berusia 30 tahun tersebut menjadi kunci kesuksesan Argentina dengan penyelamatan krusial dalam pertandingan 16 besar Piala Dunia 2022 melawan Australia (4/12/2022) dan dalam adu penalti kontra Belanda (10/12/2022) pada perempat final Piala Dunia 2022.

Setelah penampilan bagus melawan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022, kapten tim Argentina, Lionel Messi, menyebut Emi Martinez seperti "monster".

"Saya mencintai Messi. Apa yang sudah dia lakukan di Copa America sangatlah besar, tetapi perjuangannya di Piala Dunia ini adalah sesuatu yang belum pernah saya lihat dalam hidup ini," kata Martinez.

Martinez telah mengumpulkan 25 cap bersama Argentina sejak melakukan debutnya pada Juni 2021 lalu.

Kiper Aston Villa tersebut tampil impresif sepanjang turnamen Piala Dunia 2022 Qatar dengan mencatatkan clean sheet lagi pada laga semifinal kontra Kroasia.

Baca juga: Jadwal Final Piala Dunia 2022, Argentina Vs Perancis

Dilansir dari CBS Sports, secara keseluruhan, Martinez telah mencatatkan tiga clean sheet di ajang Piala Dunia 2022. 

Torehan tiga clean sheet tersebut juga dimiliki oleh Yassine Bounou (Maroko) dan Jordan Pickford (Inggris).

Argentina akan menghadapi Perancis di final Piala Dunia 2022. Kedua tim tersebut telah bertemu sebanyak 12 kali di semua kompetisi.

Pertandingan final Piala Dunia 2022 tersebut akan dihelat di Stadion Lusail pada Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com