Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Klub Berganti Nama dalam Liga 1 2022-23 Setelah Disahkan PSSI

Kompas.com - 30/05/2022, 21:25 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Empat klub Liga 1 2022-23 berganti nama. Perubahan nama tersebut disahkan oleh PSSI yang menggelar Kongres Biasa 2022 bersama 87 voters di Hotel Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat, Senin (30/5/2022).

Empat klub itu awalnya bernama RANS Cilegon FC, Martapura Dewa United FC, Tira Persikabo dan Borneo FC.

Kini, keempat klub itu sudah berubah nama seperti dijelaskan Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Kepada awak media termasuk BolaSport.com, Yunus Nusi mengatakan bahwa RANS Cilegon FC berubah nama menjadi RANS Nusantara.

Baca juga: Ditinggal RD ke RANS Cilegon FC, Barito Putera Rekrut Dejan Antonic

Sebelumnya klub milik Raffi Ahmad itu mengakuisisi Cilegon United dan menambahkan RANS di depannya untuk tampil di Liga 2 2021.

Lalu ada Dewa United FC yang akhirnya menghilangkan nama Martapura FC.

Kedua klub tersebut merupakan tim promosi setelah musim lalu berkompetisi di kasta kedua Liga Indonesia, Liga 2 2021.

Tira Persikabo pun berganti nama. Kontestan Liga 1 2021-22 tersebut, yang bermarkas di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, kini bernama Persikabo 1973.

Borneo FC pun melakukan hal serupa. Rival Persikabo dalam Liga 1 2021 tersebut menambah nama Samarinda di belakang sehingga kini resmi menggunakan nama Borneo FC Samarinda.

Baca juga: Tatap Liga 1, Dewa United Tunjuk Nil Maizar Jadi Pelatih

"RANS Cilegon FC menjadi RANS Nusantara. Martapura FC menjadi Dewa United, Borneo FC menjadi Borneo FC Samarinda dan Tira Persikabo menjadi Persikabo 1973," ucap Yunus Nusi.

Presiden Persikabo 1973, Bimo Wirjasoekarta, sangat bersyukur dengan perubahan nama tersebut. Dalam akun Instagram Persikabo 1973, dia mengatakan bahwa perubahan nama itu menjadi spirit baru untuk berjuang.

"Alhamdulillah puji syukur hari ini merupakan tonggak bersejarah bagi persepakbolaan Bogor. Hari ini kami patut berbangga menyandang penuh nama kebesaran persepakbolaan Bogor, Persikabo 1973," ujarnya.

"Seiring doa kita semua, Persikabo 1973 dengan lambang kujang di dada akan kembali berjuang di kasta tertinggi sepak bola Indonesia musim 2022/2023."

"Dengan spirit baru ini pula semoga musim depan Persikabo 1973 meraih prestasi membanggakan bagi masyarakat Bogor, aamiin." (Mochamad Hary Prasetya)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BolaSport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com