Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klub-klub “Sultan” Bikin Bursa Transfer Liga 1 Kian Menggeliat

Kompas.com - 14/04/2022, 15:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Agen kenamaan Indonesia, Muly Munial mengakui aktivitas transfer Liga 1 kini lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya. Muly Munial pun kini juga lebih sibuk daripada biasanya.

Fenomena ini diakui Muly Munial sedikit banyak dipengaruhi oleh kemunculan klub-klub berlabel "sultan" di Liga 1 musim 2022-2023. Berbekal kemapanan finansial, para klub "sultan" ini jor-joran melakukan perekrutan pemain yang paling sesuai guna memperbaiki kualitas tim.

Muly Munial membeberkan, demi pemain incaran, beberapa klub sampai mencuri start duluan dengan melakukan pendekatan sebelum kompetisi Liga 1 2021-2022 berakhir.

Baca juga: Gambaran Skuad RANS Cilegon FC untuk Liga 1: 50 Persen Pemain Baru

Ia pun merasa tidak heran aktivitas bursa transfer musim ini terpantau padat meskipun belum lama dibuka.

"Alhamdulilah, klub-klub belajar banyak dari pengalaman sebelumnya, mereka sudah bergerak dari awal. Ada beberapa yang bergerak sebelum akhir kompetisi," ujar Muly Munial, CEO Munial Sport Group kepada Kompas.com.

"Cuma ya rata-rata pemain sudah ambil keputusan ya mungkin saat liga sebulan belum selesai. Tapi, ada yang mengambil keputusan seusai liga selesai."

"Tapi dengan adanya klub-klub baru yang naik seperti RANS Cilegon FC, Dewa United, dan Persis Solo ini membuat industri semakin menarik," ujarnya lagi.

Muly Munial CEO Munial Sport Group seusai bertemu dengan Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana.Dokumentasi Pribadi Muly Munial CEO Munial Sport Group seusai bertemu dengan Presiden Arema FC Gilang Widya Pramana.

Selain itu, kehadiran klub-klub "sultan" ini menciptakan efek domino yang memaksa klub-klub lain untuk ikut agresif dalam bursa transfer ini.

Mereka juga harus bergerak cepat untuk berebut pemain pemain berkualitas.

Baca juga: Rekap Transfer Persib Bandung: Ciro Alves Datang, Ardi Idrus Hengkang

Hal tersebut terlihat dari aktivitas transfer Arema FC yang sejauh ini sudah memperkenalkan tujuh pemain anyar.

Di sisi lain, Persib Bandung meresmikan tiga pemain bintang, sementara PSIS Semarang merekrut dua nama besar di Liga 1 2021-2022.

"Sama tim-tim besar indonesia lainnya sudah tahu karena ada tim 'sultan' datang mereka juga mulai jaga-jaga juga. Kelihatan mereka sama agresifnya juga."

"Memacu tim lama untuk agresif juga. gengsinya semakin besar juga," kata Muly Munial mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com