Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persik Vs Persija, Siasat Macan Putih Hadapi Bintang Macan Kemayoran

Kompas.com - 30/10/2021, 15:04 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Caretaker Persik Kediri, Alfiat tidak tutup mata mengenai perbedaan kualitas tim asuhannya dengan Persija Jakarta.

Persik Kediri akan meladeni Persija Jakarta pada pekan ke-10 Liga 1 2021-2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (30/10/2021). 

Di atas kertas, Persija tampak unggul dalam hal komposisi pemain. Meski tim beralias Macan Kemayoran tersebut  musim ini menggunakan kekuatan pemain muda, namun setiap lini masih diisi oleh figur yang memiliki nama besar di Liga Indonesia.

Sebut saja nama-nama semodel Marko Simic, Marco Motta, Riko Simanjuntak, Rezaldi Hehanusa, Rohit Chand, Otavio Dutra, Tony Sucipto, Osvaldo Haay, dan kiper Andritany Ardhiyasa.

Baca juga: Persik Vs Persija, Kunci Macan Kemayoran untuk Atasi Macan Putih

Selain itu, pemain-pemain muda yang dimiliki Persija pun berkualitas dan punya nama. Contohnya Alfriyanto Nico, Taufik Hidayat, Braif Fatari, dan Raka Cahyana.

Persija Jakarta juga dipimpin Angelo Alessio, pelatih asal Italia yang punya rekam jejak bekerja di Juventus dan Chelsea sebagai asisten Antonio Conte

Jajaran nama bintang tadi sangat kontras dengan komposisi pemain yang dimiliki Persik Kediri.

Menyandang status sebagai tim promosi, Persik Kediri masih mengandalkan sisa-sisa pemain pilar dari tim juara Liga 2 2019 seperti Faris Aditama, Septian Bagaskara, Bayu Otto, Adi Eko, Eka Sama, dan Ibrahim Sanjaya.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Liga 1 Hari Ini: Persib Vs Persipura, Persik Vs Persija

Pengalaman Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2018 cukup menggambarkan kualitas mereka di kompetisi ini. Sedangkan, Persik Kediri sebagai tim promosi ibarat sedang menjajaki langkah untuk menemukan pijakan yang pas.

“Kami tahu Persija adalah tim yang besar, dilatih dengan pelatih yang top. Di situ juga dihuni oleh pemain-pemain yang berkualitas seperti Riko Simanjuntak dan Marko Simic,” ujar caretaker Persik, Alfiat.

Perbedaan kualitas ini tidak membuat Persik Kediri merasa kecil. Perbedaan yang ada mereka jadikan motivasi bahwa mereka harus memberikan usaha ekstra jika ingin memetik kemenangan.

“Tapi kami akan berusaha menghentikan mereka. Kami akan berusaha tampil maksimal dan berusaha untuk memenangkan pertandingan melawan Persija,” ucap Alfiat.

“Yang pasti kami akan waspadai pemain-pemain seperti Riko, Simic, dan pemain muda lainnya. Karena mereka adalah tim bagus. Sehingga harus diwaspadai setiap permainan mereka,” katanya menambahkan.

Baca juga: Persik Vs Persija, Persija Bertekad Tak Ulangi Kesalahan

Untuk memperkecil jarak antara kualitas pemain, Alfiat sudah menyiapkan siasat. Caranya mereka akan mencoba meladeni Persija Jakarta dengan permainan yang lebih taktis.

Sebab, bermain mengandalkan individu jelas tidak menguntungkan bagi Persik Kediri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com