Kompas.com - 09/07/2021, 16:22 WIB
Ilustrasi Stadion Wembley, London, Inggris Dok. WEMBLEYSTADIUM.comIlustrasi Stadion Wembley, London, Inggris

 

LONDON, KOMPAS.com - Euforia final Piala Eropa 2020 masih kian mengemuka, khususnya di Inggris dan Italia.

Kedua negara itu akan bersua di partai final pada Minggu (11/7/2021).

Baca juga: Final Euro 2020 Italia Vs Inggris, Sang Juara Raih Hadiah Rp 585 M

Lokasi pertandingan ada di Stadion Wembley, London.

Striker Inggris Harry Kane (tengah) berselebrasi dengan penonton setelah memenangi laga sepak semifinal Euro 2020 antara Inggris vs Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021.AFP/CATHERINE IVILL Striker Inggris Harry Kane (tengah) berselebrasi dengan penonton setelah memenangi laga sepak semifinal Euro 2020 antara Inggris vs Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021.

"Di Wembley akan berkumpul sekitar 60.000 orang," kata Menteri Transportasi Inggris Grant Shapps dalam pernyataannya terkini, Jumat (9/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Shapps mengatakan, di antara 60.000 orang itu, pasti hadir fans Italia.

Pemain depan Denmark Mikkel Damsgaard (kiri) merayakan mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021.LAURENCE GRIFFITHS Pemain depan Denmark Mikkel Damsgaard (kiri) merayakan mencetak gol pertama timnya selama pertandingan sepak bola semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di Stadion Wembley di London pada 7 Juli 2021.

Lebih lanjut, Grant Shapps mengingatkan bahwa Inggris masih menerapkan protokol ketat bagi kehadiran warga yang datang ke Inggris dari luar negeri.

"Tentu saja, ini termasuk para fans Italia," tuturnya.

Para pemain Italia merayakan kemenangan setelah memenangi semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol di Stadion Wembley di London pada 6 Juli 2021. Ini jadwal final Euro 2020.AFP/CARL RECINE Para pemain Italia merayakan kemenangan setelah memenangi semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol di Stadion Wembley di London pada 6 Juli 2021. Ini jadwal final Euro 2020.

Peraturan protokol ketat itu memang berkaitan erat dengan pencegahan pandemi Covid-19.

Shapps menyebut, Inggris menerapkan prosedur karantina 10 hari.

"Fans Italia tak harus datang ke Inggris (menyaksikan final Euro 2021). Ini jawabannya," kata Grant Shapps.

Bek Italia Giorgio Chiellini (biru) berinteraksi dengan bek Spanyol Jordi Alba dalam lemparan koin jelang adu penalti dalam laga semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol di Stadion Wembley di London pada 6 Juli 2021.AFP/CARL RECINE Bek Italia Giorgio Chiellini (biru) berinteraksi dengan bek Spanyol Jordi Alba dalam lemparan koin jelang adu penalti dalam laga semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol di Stadion Wembley di London pada 6 Juli 2021.

Grant Shapps mengingatkan pula bahwa pihaknya bakal "memburu" fans Italia yang memaksa diri datang tanpa melewati protokol karantina.

"Mereka tidak diperkenankan," kata Shapps memberikan penegasan.

Striker Spanyol Alvaro Morata (putih) saat menembak dan gagal dalam adu penalti pada pertandingan semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol di Stadion Wembley London pada 6 Juli 2021.AFP/FACUNDO ARRIZABALAGA Striker Spanyol Alvaro Morata (putih) saat menembak dan gagal dalam adu penalti pada pertandingan semifinal Euro 2020 antara Italia vs Spanyol di Stadion Wembley London pada 6 Juli 2021.

Inggris, lanjut Shapps akan membatalkan penerbangan charter maupun penerbangan langsung menuju dan dari Inggris sebagai kebijakan berkenaan dengan pencegahan meluasnya pandemi Covid-19 di negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.