Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shin Tae-yong Positif Covid-19, Bagaimana Pemain Timnas U23 Indonesia?

Kompas.com - 20/03/2021, 14:18 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

Sumber PSSI

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, positif terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Hal itu dipastikan oleh pelaksana tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, setelah mengetahui hasil tes PCR Shin Tae-yong yang keluar pada Jumat (19/3/2021) malam WIB.

Kabar ini tentu mengejutkan mengingat Shin Tae-yong pada 9 Februari hingga 7 Maret 2021 memimpin pemusatan latihan timnas U23 Indonesia di Jakarta.

Total ada lebih dari 30 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan persiapan SEA Games 2021 tersebut.

Tidak hanya itu, timnas U23 Indonesia juga sempat melakukan dua laga uji coba melawan Tira Persikabo pada Jumat (5/3/2021) dan Bali United dua hari berselang.

Baca juga: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong Positif Covid-19

Artinya, Shin Tae-yong baik secara langsung atau tidak langsung berinteraksi dengan puluhan pemain sebelum dinyatakan positif Covid-19.

Terkait hal itu, Yunus Nusi memastikan kondisi Shin Tae-yong kali ini tidak berkaitan dengan pemusatan latihan timnas U23 Indonesia.

Sebab, seluruh pemain timnas U23 Indonesia ketika dipulangkan ke tim masing-masing pada Senin (8/3/2021) dipastikan negatif Covid-19.

Yunus Nusi juga memastikan Shin Tae-yong dan staf pelatih timnas U23 Idonesia dalam keadaan negatif Covid-19 ketika pemusatan latihan berakhir.

Namun, Yunus Nusi menyebut Shin Tae-yong mulai mengeluh tidak enak badan pada Kamis (18/3/2021).

Keluhan itu kemudian direspon PSSI dengan mengantar Shin Tae-yong melakukan tes PCR. Hasilnya, Shin Tae-yong dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat (19/3/2021) malam WIB.

"Jadi, ketika pemain timnas U23 Indonesia kita pulangkan ke tim masing-masing pada Senin (8/3/2021), tidak ada satu pun pemain yang positif," kata Yunus Nusi dikutip dari situs PSSI.

"Itu karena sebelum pulang mereka sudah melakukan tes swab antigen," tutur Yunus Nusi menambahkan.

"Shin Tae-yong mengaku tidak enak badan pada Kamis (18/3/2021). Kemudian atas arahan Ketua Umum PSSI, Shin Tae-yong melakukan tes swab PCR," ujar Yunus Nusi menambahkan.

Baca juga: Evaluasi Shin Tae-yong Usai Timnas U23 Indonesia Menang 2 Kali

Keterangan Yunus Nusi kali ini tentu menimbulkan pertanyaan mengenai protokol kesehatan yang diterapkan selama pemusatan latihan timnas U23 Indonesia.

Sebab, pemain timnas U23 Indonesia yang mengikuti pemusatan latihan hanya melakukan tes swab antigen ketika dipulangkan.

Diberitakan KOMPAS.com sebelumnya, hasil tes swab antigen tidak seakurat tes PCR untuk mendeteksi Covid-19.

Setelah dinyatakan positif Covid-19, Shin Tae-yong kemungkinan besar akan melakukan isolasi mandiri di apartemennya yang terletak di Jakarta.

Kabar ini tentu membuat Shin Tae-yong dipastikan tidak akan hadir di Stadion Manahan untuk menyaksikan duel Arema FC vs Tira Persikabo yang menjadi laga pembuka Piala Menpora 2021, Minggu (21/3/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PSSI
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com