Kompas.com - 04/03/2021, 10:00 WIB
Kushedya Hari Yudo sedang berlatih bersama skuad timnas U22 Indonesia di Lapangan D, Senayan, Jakarta, pada 2 Maret 2021. BOLASPORT.COM/MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAHKushedya Hari Yudo sedang berlatih bersama skuad timnas U22 Indonesia di Lapangan D, Senayan, Jakarta, pada 2 Maret 2021.
|

 

KOMPAS.COM - Laga uji coba antara timnas U22 Indonesia vs Tira Persikabo pada Rabu (3/3/2021), akhirnya dibatalkan.

Pertandingan timnas U22 Indobesia vs Tira Persikabo batal karena PSSI belum mendapatkan izin menggelar pertandingan dari Mabes Polri.

"Rencana sparring timnas U23 dan Tira Persikabo hari ini tidak kami izinkan karena belum ada izinnya," kata Kapolsek Metro Tanah Abang, Singgih Hermawan, kepada KOMPAS.com.

"Sampai Maghrib pukul 6 dan setengah tujuh belum ada izin (Mabes Polri) keluar dari panitia. Kami tanyakan ke panitia mereka sudah bersurat tetapi baru hari ini, sehingga izinnya belum keluar," tuturnya menambahkan.

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi mengaku paham dengan keputusan Mabes Polri. Dia mengakui bahwa pihaknya memang mendadak untuk mengurus perizinan pertandingan.

"PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan. Mungkin karena izin kami (PSSI) terlalu mendadak sehingga Mabes Polri perlu melakukan kajian lebih mendalam sebelum mengeluarkan izin. Dengan ini PSSI meminta maaf kepada Mabes Polri yang sudah direpotkan,'' ujar Yunus Nusi.

Buntut dari pembantalan laga timnas U22 vs Tira Persikabo membuat laga uji coba kedua pasukan Shin Tae-yong melawan Bali United juga urung digelar.

Laga timnas U22 vs Bali United seharusnya digelar Jumat (5/3/2021).

Yunus Nusi berharap timnas tidak lagi mendapatkan kendala dalam menggelar laga uji coba. Dikatakan Yunus Nusi, PSSI akan terus berkoordinasi dengan Mabes Polri agar persiapan timnas tidak lagi terkendala. 

''Jadi memang tim ini butuh uji coba. Itu sebabnya Pelatih Shin Tae-yong menjadwalkan uji coba dengan klub Liga 1 agar tim lebih berkembang karena timnas Indonesia ditargetkan meraih emas di SEA Games 2021," jelas Yunus Nusi.

"Untuk itu, sambil menunggu proses administrasi perizinan, kami menyiapkan pertandingan uji coba sesuai roadmap pelatih Shin Tae-yong. Namun, sampai dengan satu jam menjelang kick-off, kami belum mendapatkan izin dari pihak kepolisian. Untuk langkah selanjutnya, PSSI akan terus melakukan koordinasi dengan Mabes Polri," tuturnya.

Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae Yong dan penerjemahnya Yoo Jae Hoon menyaksikan pertandingan babak penyisihan grup A Piala Gubernur Jatim 2020 Bhayangkara FC melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (12/02/2020) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae Yong dan penerjemahnya Yoo Jae Hoon menyaksikan pertandingan babak penyisihan grup A Piala Gubernur Jatim 2020 Bhayangkara FC melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (12/02/2020) sore.

Harapan yang sama disampaikan Shin Tae-yong.

‘’Saya harap ini hanya ditunda. Tim ini butuh uji coba. Apalagi target PSSI ialah merebut medali emas di SEA Games 2021 di Vietnam,’’ jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X