Perjalanan Bagus Kahfi, Pemain Andalan yang Sempat Cedera Panjang Kini Gabung FC Utrecht

Kompas.com - 06/02/2021, 09:58 WIB
FC Utrecht meresmikan kehadiran penyerang muda timnas Indonesia, Bagus Kahfi, pada Jumat (5/2/2021) malam WIB. FC UtrechtFC Utrecht meresmikan kehadiran penyerang muda timnas Indonesia, Bagus Kahfi, pada Jumat (5/2/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - Pemain muda berbakat kebanggan Indonesia, Amiruddin Bagus Kahfi Al-Fikri, menaiki tangga kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Lahir di Magelang, 16 Januari 2002, Bagus Kahfi yang memulai karier sepak bola saat berusia enam tahun kini dikontrak klub asal Belanda, FC Utrecht.

Sebelum resmi diperkenalkan FC Utrecht pada Jumat (5/2/2021), Bagus Kahfi melalui perjalanan panjang.

Di level pembinaan usia muda, Bagus Kahfi kerap berpindah sekolah sepak bola (SSB).

Baca juga: Profil FC Utrecht, Klub Anyar Bagus Kahfi yang Akrab dengan Bintang Eropa

Berdasarkan pemberitaan KOMPAS.com pada 31 Oktober 2019, Bagus Kahfi mulai berlatih di SSB Gelora Putra Deltras (Sidoarjo), kemudian dilanjutkan di SSB Blue Eagle (Jakarta), SSB Undip (Semarang), dan SB Putra (Kalimantan Tengah).

Selain menimba ilmu di sekolah sepak bola dalam negeri, Bagus Kahfi juga tercatat pernah bermain di Frenz United (Malaysia) dan Chelsea Academy (Singapura).

Dalam perjalanannya, Bagus Kahfi banyak menorehkan prestasi, salah satunya menjadi pencetak gol terbanyak (11 gol) dalam ajang Piala Soeratin U15 tingkat nasional.

Kala itu, Bagus Kahfi membela klub PSSA Asahan. Setahun berikutnya, dia kembali menorehkan prestasi serupa.

Baca juga: Makna Motif Batik Bagus Kahfi di FC Utrecht, Prihatin dan Kerja Keras

Setelah melalui perjalanan panjang, Bagus Kahfi kemudian masuk dalam tim nasional U16 di bawah asuhan Fakhri Husaini.

Pada momen inilah Bagus Kahfi mulai mengundang perhatian publik hingga merangkai cerita menuju Belanda, bergabung dengan FC Utrecht.

Halaman:


Sumber FC Utrecht
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X