Benarkah Ronaldo Selangkah Lagi Jadi Pencetak Gol Terbanyak Dunia?

Kompas.com - 12/01/2021, 21:45 WIB
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan gol ke gawang Cagliari, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB. AFP/MIGUEL MEDINAPenyerang Juventus, Cristiano Ronaldo, merayakan gol ke gawang Cagliari, Minggu (22/11/2020) dini hari WIB.

KOMPAS.com - Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, dalam beberapa hari terakhir kerap disebut akan menjadi top skor atau pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepak bola dunia.

Hal itu tidak lepas dari keberhasilan Ronaldo menyamai rekor 759 gol milik legenda sepak bola Ceko, Josef Bican, pada Minggu (10/1/2021).

Rekor Josef Bican berhasil disamakan setelah Ronaldo mencetak satu gol untuk membantu Juventus menang 3-1 atas Sassuolo pada laga pekan ke-17 Liga Italia.

Rincian dari 759 gol Ronaldo adalah 657 untuk empat klub, yakni Sporting Lisbon (5), Manchester United (118), Real Madrid (450), dan Juventus (84).

Adapun 102 gol lainnya diciptakan Cristiano Ronaldo ketiga berseragam timnas Portugal.

Semua gol Ronaldo tersebut diciptakan pada laga resmi, di luar pertandingan uji coba atau persahabatan di level klub.

Adapun gol Ronaldo untuk laga uji coba bersama timnas Portugal tetap dihitung karena setiap pertandingan internasional memengaruhi ranking FIFA negara.

Baca juga: Saat Messi dan Ronaldo Kompak Jadi Top Skor Liga dan Cetak Rekor

Dari sisi perhitungan, 759 gol milik Ronaldo tidak diperdebatkan oleh publik karena sudah tercatat resmi.

Namun, Ronaldo menemui kendala jika ingin menyandang status pemain tersubur dalam sejarah sepak bola dunia.

Hal itu tidak lepas dari perbedaan data koleksi gol para legenda sepak bola, termasuk Josef Bican.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X