Kompas.com - 15/12/2020, 09:40 WIB
Lionel Messi meraih trofi Ballon dOr keenamnya pada 2019. AFP/FRANCK FIFELionel Messi meraih trofi Ballon dOr keenamnya pada 2019.
|

KOMPAS.com - Media Perancis, France Football, menetapkan 11 nama penghuni dream team Ballon d’Or sepanjang masa.

France Football sebagai penggagas ajang bergengsi penghargaan tahunan Ballon d’Or, akhrnya memilih 11 nama terbaik pengisi skuad dream team usai sebelumnya melalui proses seleksi selama sekitar dua bulan.

Dream team sepanjang masa Ballon d’Or dihiasi nama-nama kondang lapangan hijau macam Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Diego Maradona, Pele, Paolo Maldini, hingga legenda Rusia, Lev Yashin, di pos penjaga gawang.

“Mereka semua layak mendapatkan respek serta rasa hormat dan saya sangat bangga berada di antara pemain-pemain luar biasa,” kata Cristiano Ronaldo via unggahan foto di Instagram.

Baca juga: Hasil Undian Liga Champions Barcelona Vs PSG: Neymar Reuni dengan Messi

Reaksi Messi setali tiga uang.

“Saya berterima kasih untuk kalian yang telah memilih saya dan mengucapkan selamat kepada semua pemain yang masuk daftar dream team pilihan,” tutur Messi yang terhitung enam kali mengangkat trofi prestisius Ballon d’Or.

Proses pemilihan melibatkan panel yang terdiri dari 140 jurnalis di berbagai belahan dunia.

Suara mereka menentukan tiga versi dream team Ballon d’Or.

Meski berbasis di Perancis, France Football secara ironis tak mencantumkan legenda Tim Ayam Jantan seperti Zinedine Zidane, Michel Platini, dan Thierry Henry di tim pertama.

Nama-nama pilar Les Bleus di masa lalu itu baru nongol di susunan dream team Ballon d’Or sepanjang masa alternatif kedua dan ketiga.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X