Legenda Timnas Argentina: Mungkin Messi Kurang Jiwa Pemimpin

Kompas.com - 22/09/2020, 12:10 WIB
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, tertunduk setelah dikalahkan Bayern Muenchen 2-8 pada perempat final Liga Champions 2019-2020. FRANK HOERMANN / SVEN SIMON / VIA / AUGENKLICK/FOTOAGENTUR SVEN SIMO / DPA PICTURE-ALLIANCE VIA AFPPenyerang Barcelona, Lionel Messi, tertunduk setelah dikalahkan Bayern Muenchen 2-8 pada perempat final Liga Champions 2019-2020.

KOMPAS.com - Mantan pemain timnas Argentina, Claudio Caniggia, mempertanyakan jiwa kepemimpinan dalam diri mega bintang Barcelona, Lionel Messi.

Mantan penyerang River Plate, Boca Juniors, Benfica dan serangkaian tim lain tersebut membahas soal situasi rumit yang menimpa Lionel Messi di Barcelona kini dan pengaruhnya bagi status sang ikon sebagai seorang pemimpin.

"Mungkin Lionel Messi kurang jiwa pemimpin. Ketika tidak memperkuat tim kuat, ia gagal," tutur Claudio Caniggia di acara Futbol Sin Mancha di Canal 26 Argentina.

"Messi mengambil tanggung jawab dan jelas ia punya karakter. Saya tak tahu persis apa yang telah terjadi tetapi saya selalu mengatakan apa yang ia alami di sana berat."

Baca juga: Lionel Messi Dinilai Tak Lebih Hebat daripada 3 Legenda Sepak Bola Ini

"Ia seperti menderita ketika melihat timnya tak menjadi lebih baik dari para rival," lanjut pemain timnas Argentina di Piala Dunia 1990, 1994, dan 2002 tersebut.

"Jika ia merumput dan melihat timnya tidak superior, kesulitan untuk menang, ia tak merasa enak. Messi sengsara dalam kesulitan."

Cannigia pun berbicara mengenai keputusan Messi melayangkan burofax ke para petinggi Barcelona untuk meminta pemutusan kontrak secara unilateral.

Baca juga: Dilema Lionel Messi, Pilih Timnas Argentina atau Barcelona?

Menurutnya, Messi mendapat nasihat kurang bijak dari tim pengacaranya.

"Mereka mengatakan Messi bisa pergi secara gratis. Ada kesalahpahaman, jelas sekali bawa ia tak akan meninggalkan Barca," tutur Cannigia lagi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X