Indra Sjafri Sebut Timnas U-16 Indonesia Bisa Mulai Latihan Awal Juli 2020

Kompas.com - 23/06/2020, 20:30 WIB
Pesepak bola Timnas U-16 Indonesia Marcell Januar Putra (kedua kanan) dan Kadek Arel Priyatna (kanan) melambaikan tangan pada pendukungnya usai melawan Timnas U-16 China pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0. ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATPesepak bola Timnas U-16 Indonesia Marcell Januar Putra (kedua kanan) dan Kadek Arel Priyatna (kanan) melambaikan tangan pada pendukungnya usai melawan Timnas U-16 China pada laga kualifikasi Piala AFC U-16 2020 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Minggu (22/9/2019). Pertandingan berakhir imbang dengan skor 0-0.

KOMPAS.com - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengungkapkan rencana tim nasional U-16 Indonesia untuk menggelar pemusatan latihan (TC).

Menurut Indra Sjafri, tim nasional U-16 Indonesia yang dilatih Bima Sakti berencana memulai training camp pada awal Juli 2020.

"Kami sudah berdiskusi dengan Coach Bima Sakti mengenai program timnas U-16 termasuk TC yang direncanakan awal Juli," ujar Indra Sjafri kepada Antara, Selasa (23/6/2020).

Baca juga: Demi Sepak Bola Indonesia, PSSI Harus Tegas Akhiri Drakor dengan Shin Tae-yong

Meski demikian, Indra belum bisa mengemukakan tanggal pasti dan lokasi pelaksanaan TC.

PSSI, kata Indra Sjafri, tengah memilih waktu dan tempat terbaik karena harus menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19.

"Tempat dan tanggal akan ditetapkan berikutnya. Kami lagi mencari lokasi yang benar-benar aman, termasuk mempersiapkan hotel dan lain-lain," kata pria yang sebagai pelatih membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 2019 itu.

Terkait TC, Indra menegaskan bahwa PSSI juga berkomunikasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kemenpora, Kemenkes dan pihak-pihak yang terkait.

"Jadi semuanya sedang disiapkan. Kabar terbarunya akan diumumkan nanti," ujar dia.

Tim nasional U-16 Indonesia akan berlaga di Piala Asia U-16 AFC 2020 yang berlangsung di Bahrain pada 25 November-12 Desember 2020.

Di kejuaraan itu, timnas berada satu grup dengan Jepang, China dan Arab Saudi di Grup D.

Grup tersebut bisa dikatakan berat karena Jepang, China dan Arab Saudi sudah lebih dari satu kali menjadi tim terbaik di Piala Asia U-16.

Baca juga: Kirim Surat Panggilan, PSSI Minta Shin Tae-yong Tiba di Indonesia pada 29 Juni

Jepang merupakan negara dengan gelar juara Piala Asia U-16 terbanyak yaitu tiga kali pada tahun 1994, 2006 dan 2018.

Adapun China dan Arab Saudi masing-masing sudah dua kali menjadi kampiun di kejuaraan tersebut.

Sementara catatan terbaik Indonesia di Piala Asia U-16 adalah menduduki peringkat keempat pada tahun 1990. Pada 2018, Indonesia menjadi perempat finalis.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Antara
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X