Pandemi Corona, La Liga Cari "Viewers" Juga

Kompas.com - 17/06/2020, 23:23 WIB
Para pemain Sevilla merayakan pada akhir pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Sevilla FC dan Real Betis di stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Seville pada 11 Juni 2020. AFP/CRISTINA QUICLERPara pemain Sevilla merayakan pada akhir pertandingan sepak bola Liga Spanyol antara Sevilla FC dan Real Betis di stadion Ramon Sanchez Pizjuan di Seville pada 11 Juni 2020.

MADRID, KOMPAS.com - Setelah sekitar dua pekan berputar kembali, La Liga alias Liga Spanyol kembali menjadi pusat perhatian pemirsa.

Meski begitu, sesuai dengan protokol pemberantasan pandemi Covid-19, seluruh pertandingan lanjutan digelar di stadion tanpa disaksikan langsung penonton.

Baca juga: Jumlah Viewers Bikin Pamor Liga Italia Masih Moncer

Sudah barang tentu, kesempatan ini juga menjadi tantangan La Liga mengejar jumlah viewers alias pemirsa pada tayangan multimedia elektronik.

Quique Setien berbicara dengan Frenkie de Jong dalam laga Real Mallorca vs Barcelona pada lanjutan pekan ke-28 La Liga yang digelar di Stadion Son Moix, Minggu (14/6/2020) dini hari WIB.AFP/GETTY IMAGES/DAVID RAMOS Quique Setien berbicara dengan Frenkie de Jong dalam laga Real Mallorca vs Barcelona pada lanjutan pekan ke-28 La Liga yang digelar di Stadion Son Moix, Minggu (14/6/2020) dini hari WIB.

"Pada putaran pertama, La Liga mengumpulkan secara kolektif 4,5 juta viewers televisi domestik," kata pengelola La Liga.

La Liga resmi berputar kembali pada 11 Juni 2020.

Berturut-turut, pada laga Real Madrid Versus Eibar yang berakhir 3-1 untuk kemenangan tuan rumah, La Liga mengunci jumlah 851.607 viewers.

Kemudian, tatkala Barcelona mempecundangi Mallorca empat gol tanpa balas, La Liga menangguk 780.231 viewers.

Eden Hazard dibayang-bayangi oleh Rafa Soares dalam pertandingan Real Madrid vs Eibar pada lanjutan pekan ke-28 La Liga yang digelar di Stadion Alfredo Di Stefano, Valdebebas, Senin (15/6/2020) dini hari WIB.AFP/GETTY IMAGES/GONZALO ARROYO MORENO Eden Hazard dibayang-bayangi oleh Rafa Soares dalam pertandingan Real Madrid vs Eibar pada lanjutan pekan ke-28 La Liga yang digelar di Stadion Alfredo Di Stefano, Valdebebas, Senin (15/6/2020) dini hari WIB.

Pada pertandingan Sevilla melawan Real Betis yang berkesudahan 2-0 untuk Sevilla, jumlah viewers menyentuh angka 755.810.

Viewers menjadi angka penting bagi bisnis penyiaran pertandingan olahraga untuk mendapatkan uang dari para pemasang iklan di media baik digital maupun konvensional.

Rodrigo Tarin (kanan) berduel dengan Antoine Griezmann (kiri) pada laga Barcelona vs Leganes di Stadion Camp Nou dalam lanjutan pekan ke-29 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Selasa 16 Juni 2020.AFP/ LLUIS GENE Rodrigo Tarin (kanan) berduel dengan Antoine Griezmann (kiri) pada laga Barcelona vs Leganes di Stadion Camp Nou dalam lanjutan pekan ke-29 LaLiga, kasta teratas Liga Spanyol, Selasa 16 Juni 2020.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X