Euro 2020, Ini Harapan Presiden UEFA

Kompas.com - 22/05/2020, 05:30 WIB
Gelandang Swiss, Granit Xhaka (kanan), merayakan gol bersama rekan-rekannya dalam pertandingan terakhir Grup D Kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Gibraltar vs Swiss di Stadion Victoria, Gibraltar, pada 18 November 2019.  JORGE GUERRERO/AFPGelandang Swiss, Granit Xhaka (kanan), merayakan gol bersama rekan-rekannya dalam pertandingan terakhir Grup D Kualifikasi Piala Eropa 2020 antara Gibraltar vs Swiss di Stadion Victoria, Gibraltar, pada 18 November 2019.

MADRID, KOMPAS.com - Presiden UEFA Aleksander Ceferin menaruh harapan pada pelaksanaan Piala Eropa (Euro) 2020 walau perhelatan itu mengalami penundaan lantaran pandemi corona.

Piala Eropa 2020 ditunda pada Maret tahun ini ke tahun berikutnya 2021.

Baca juga: Ronald Koeman Buka Pintu ke Barcelona Usai Piala Eropa 2020

Sejatinya, perhelatan sepak bola akbar seluruh Eropa itu berlangsung pada Juni hingga Juli tahun ini.

Presiden UEFA Aleksander Ceferin memberi isyarat saat konferensi pers menyusul pertemuan komite eksekutif di markas UEFA, di Nyon, Swiss pada 4 Desember 2019.AFP/FABRICE COFFRINI Presiden UEFA Aleksander Ceferin memberi isyarat saat konferensi pers menyusul pertemuan komite eksekutif di markas UEFA, di Nyon, Swiss pada 4 Desember 2019.

Ada 12 kota yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan.

"Ada tiga dari 12 kota penyelenggara yang masih mengalami kendala dalam menyiapkan perhelatan untuk kegiatan tahun depan," katanya.

Euro 2020 yang sedianya digelar pada 12 Juni-12 Juli ditunda menjadi 11 Juni sampai 11 Juli 2021.AFP/OLGA MALTSEVA Euro 2020 yang sedianya digelar pada 12 Juni-12 Juli ditunda menjadi 11 Juni sampai 11 Juli 2021.

Ceferin menambahkan dirinya akan berada di situ.

"Saya tidak melihat mengapa hal itu tidak terjadi," katanya.

"Saya tidak yakin bahwa kondisi corona akan terus selamanya," ujar Ceferin.

Serge Gnabry merayakan gol bersama rekan-rekannya pada pertandingan Jerman vs Irlandia Utara dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 di Frankfurt, 19 November 2019. AFP/DANIEL ROLAND Serge Gnabry merayakan gol bersama rekan-rekannya pada pertandingan Jerman vs Irlandia Utara dalam lanjutan kualifikasi Euro 2020 di Frankfurt, 19 November 2019.

Menurut Ceferin, kondisi pandemi corona memmang masih menuntut perhatian serius dari penyelenggara.

"Tapi kami saat ini lebih berhati-hati," katanya.

Ryan Giggs, Kepala Pelatih Wales tiba di venue sebelum Upacara Pengundian Final UEFA Euro 2020 Ryan Giggs, Kepala Pelatih Wales tiba di venue sebelum Upacara Pengundian Final UEFA Euro 2020

Ceferin mengaku menyadari bahwa saat kompetisi liga-liga di Eropa mulai bergulir lagi.

Para ahli sudah mengingatkan bahwa ada bahaya yang mengintai para suporter selama vaksin anti-corona belum ditemukan.

Gelandang Belgia, Kevin De Bruyne (kanan), menerima ucapan selamat dari rekan setimnya setelah mencetak sebuah gol dalam pertandingan Kualifikasi Euro 2020 antara Belgia dan Siprus di Stadion The King Baudouin,  Brussels, pada 19 November 2019.  JOHN THYS/AFP Gelandang Belgia, Kevin De Bruyne (kanan), menerima ucapan selamat dari rekan setimnya setelah mencetak sebuah gol dalam pertandingan Kualifikasi Euro 2020 antara Belgia dan Siprus di Stadion The King Baudouin, Brussels, pada 19 November 2019.

"Tapi saya percaya, penonton akan kembali lagi hadir menyaksikan pertandingan-pertandingan liga," ujarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X