Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Militer Son Heung-min, 10 dari 10 Tembakan Akurat dan Dapat Penghargaan

Kompas.com - 08/05/2020, 15:10 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, telah menyelesaikan wajib militer dengan nilai-nilai mengagumkan. Son bahkan mendapat penghargaan sebagai salah satu personel dengan performa terbaik.

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang mewajibkan semua warga negara pria mengikuti wajib militer sebelum usianya menginjak 28 tahun.

Son Heung-min akan berusia tersebut dua bulan dari sekarang dan ia sempat dilepaskan dari wamil wajib selama 21 bulan setelah membawa Korea Selatan menjadi juara Asian Games 2018.

Baca juga: Potret Son Heung-min Jalani Wajib Militer di Korea Selatan

Semua atlet pria yang memenangkan medali apapun di Asian Games atau Olimpiade memang mendapat pengecualian.

Namun, Son tetap harus mengikuti wamil selama tiga pekan.

Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, memberikan hormat saat mengikuti wajib militer Korea Selatan pada akhir April-awal Mei 2020.HANDOUT/Republic of Korea Marine Corps Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, memberikan hormat saat mengikuti wajib militer Korea Selatan pada akhir April-awal Mei 2020.

Penyerang lincah ini bergabung ke Korps Marinir di Pulau Jeju di mana ia mengikuti latihan dasar.

Setelah ini, Son tetap harus mengikuti 544 jam pelayanan umum selama 34 bulan ke depan di sela-sela kehidupannya sebagai atlet.

Son masuk ke kamp pada 20 April dan mengikuti serangkaian program militer dasar seperti latihan menembak dan teknik menggunakan bayonet, serta pelatihan untuk menghadapi perang kimia, biologis, dan radiologis.

Ia juga mengikuti pelatihan pertempuran individu dan pertolongan pertama.

Baca juga: Thierry Henry Menjadi Baper Ketika Ditanya Soal Highbury

Kantor berita Yonhap melaporkan, berdasarkan laporan ofisial, performa Son memukau sepanjang latihan dasar itu.

Antara lain, ia mengenai 10 dari 10 sasaran saat melakukan ujian menembak.

Son pun menjadi satu dari lima personel terbaik yang mendapatkan penghargaan pada seremoni kelulusan, Jumat (8/5/2020).

Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, mengikuti latihan bayonet saat menjalani wajib militer Korea Selatan pada akhir April-awal Mei 2020.HANDOUT/Republic of Korea Marine Corps Penyerang Tottenham Hotspur, Son Heung-min, mengikuti latihan bayonet saat menjalani wajib militer Korea Selatan pada akhir April-awal Mei 2020.

"Son akan mendapat penghargaan bergengsi, 'Pilsung' yang merupakan satu dari lima tipe penghargaan bagi para personel dengan performa terbaik," tutur seorang perwira di Korps Marinir Korsel kepada Yonhap.

"Pilsung" berarti "kemenangan mutlak", yang menjadi semacam motto bagi Korps Marinir, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara Korsel.

"Semua sesi dinilai secara jujur dan ketat. Para perwira yang melatihnya mengutarakan bahwa Son melalui latihan dengan sepenuh hati," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com