Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andres Iniesta Yakin Generasi Emas Barcelona Tak Akan Pernah Terulang

Kompas.com - 18/04/2020, 10:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

Sumber Goal

KOMPAS.com - Andres Iniesta meyakini generasi emas Barcelona dengan sederet pemain seperti Xavi Hernandez hingga Lionel Messi tidak akan pernah bisa terulang.

Barcelona disebut-sebut ada dalam masa emasnya kala diperkuat pemain-pemain seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Lionel Messi.

Blaugrana, julukan Barcelona, juga begitu bersinar saat diarsiteki Pep Guardiola medio 2008-2012.

Selama empat musim melatih, Pep sukses memberikan 14 gelar untuk Barcelona.

Baca juga: Pelatih Timnas Spanyol Nilai Iniesta Dekati Level Messi daripada Ronaldo

Kesuksesan tersebut tak lepas dari pemain-pemain kunci seperti Iniesta, Xavi, dan Messi, yang menjelma menjadi pesepak bola hebat yang datang dari akademi La Masia.

Selain tiga pesepak bola tersebut, Sergio Busquets dan Gerard Pique juga ada di antara bakat-bakat muda yang muncul dari La Masia dan bertahan lama di skuad senior Barcelona.

La Masia disebut mulai jarang memunculkan talenta muda dan lebih sering membeli pemain dari klub lain.

Karena hal itu, Iniesta menganggap Barcelona bakal kesulitan menemukan generasi yang mengulang prestasi-prestasi El Barca sebelumnya.

"Generasi itu tidak akan pernah terulang, tapi bukan berarti yang berikutnya lebih buruk, tergantung bagaimana klub memolesnya. Tidak akan pernah sama, tapi juga tak serta merta selalu buruk," kata Andres Iniesta kepada The Guardian.

Baca juga: Masih Haus Gol, Lionel Messi Dipuji Eks Asisten Pelatih Barcelona

"Ada segala macam era dalam sejarah klub. Para pemain muda terbiasa mendapat peluang bermain di tim utama ketika hasilnya tak sesuai harapan dan harus kembali ke tim junior. Itu ada di era saya."

"Kami tumbuh di sini (Barcelona) sejak masih muda, masuk ke tim utama dan bertahan di sana selama 10, 12, 15 tahun, kami semua dibentuk di sini sebagai manusia," tutur Iniesta melanjutkan.

"Sulit untuk hal seperti itu terjadi lagi. Kami berbicara tentang Barcelona, klub dengan pemain terbaik."

"Victor Valdes, Carles Puyol, Xavi, saya, bermain bersama Sergio Busquest, Gerard Pique dan Lionel Messi. Kami adalah pemain yang berada di klub sepanjang hidup dan memiliki nilai plus yang tak dimiliki pesepak bola lainnya," ujarnya mengakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com