Kompas.com - 26/03/2020, 05:40 WIB
Logo J-League DOK. J-LEAGUELogo J-League

KOMPAS.com - Liga Jepang atau yang biasa dikenal sebagai J-League, menetapkan target tanggal 9 Mei untuk memulai kembali kompetisi.

J-League sudah berhenti sejak 25 Februari 2020 seiring dengan pandemi virus corona yang ketika itu mulai merebak keluar dari Wuhan, China.

J-League adalah liga olahraga besar pertama di Jepang yang mengambil tindakan untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Pada awalnya, para penyelenggara kompetisi menetapkan tanggal 15 Maret atau pekan pertama April untuk memulai kembali kompetisi.

Baca juga: Olimpiade Ditunda, Balas Dendam Bintang NBA Bisa Tertunda

Akan tetapi, tanggal tersebut direvisi setelah pertemuan luar biasa dari para komite eksekutif pada Rabu (25/3/2020).

J2, kasta kedua Inggris, direncanakan mulai kembali pada 2 Mei sementara kasta ketiga Liga Jepang, yang belum sempat bergulir, menurut rencana akan dimulai pada 25 April.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chairman J-League, Mitsuru Murai, mengutarakan bahwa tanggal-tanggal itu dipilih untuk memberi waktu cukup menyiapkan peralatan keselamatan memadai termasuk pembelian alat pemindai suhu.

"Ini keputusan cukup sulit untuk diambil," tutur Murai seperti dikutip dari Kyodo News. "Saya menghargai ke-56 klub (dari ketiga divisi Liga Jepang) untuk mengambil keputusan yang di luar kepentingan pribadi mereka."

Baca juga: Seruan Conor McGregor di Tengah Pandemi Virus Corona

Liga Jepang juga akan menetapkan kebjijakan untuk memainkan laga-laga di depan hanya setengah atau kurang dari kapasitas stadion.

Kebijakan J-League untuk melanjutkan kompetisi mirip dengan Liga Bisbol Jepang yang akan menunda start musim mereka hingga 24 April.

Sementara, liga utama rugby Jepang membatalkan sisa musim 2019-2020.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.