Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rinov/Pitha Siap Hadapi Unggulan Keempat di Babak Perempat Final SEA Games 2019

Kompas.com - 05/12/2019, 22:40 WIB
Faishal Raihan,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, bersiap menghadapi Nipitphon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai (Thailand) di babak perempat final SEA Games 2019.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memastikan diri lolos ke babak perempat final cabor bulu tangkis perorangan SEA Games 2019.

Kepastian itu didapat setelah Rinov/Pitha mengandaskan perlawanan ganda campuran tuan rumah, yakni Peter Gabriel Magnaye/Thea Marie Pomar.

Bertanding di Muntinlupa Sports Center, Filipina, Kamis (5/12/2019), Rinov/Pitha menang dua gim langsung atas Peter/Thea dengan skor 21-18, 21-12 dalam tempo 27 menit.

Baca juga: Tenis SEA Games 2019, Aldila Sutjiadi Tempuh Dua Final

Di babak perempat final, Rinov/Pitha akan menghadapi pasangan ganda campuran Thailand, Nipitphon Phuangphuapet/Savitree Amitrapai.

Ini merupakan pertemuan keempat antara kedua pasangan.

Terakhir kali mereka bertemu di ajang Singapore Open 2019.

Kala itu Rinov/Pitha berhasil mengalahkan Phuangphuapet/Amitrapai dengan skor 21-17, 21-17.

Dilihat dari rekor head to head, Rinov/Pitha unggul 2-1 atas pasangan unggulan keempat SEA Games 2019 itu.

"Kami sudah sering ketemu mereka. Pengennya kali ini menang, tetapi mau berusaha buat maksimal dulu," kata Pitha usai di Muntinlupa Sports Center, Filipina.

Baca juga: Pertahanan Timnas U23 Indonesia Terbaik Selama Fase Grup SEA Games 2019

Dari intensitas pertemuan itu, teman duet Pitha, Rinov, mengaku bahwa sudah mengetahui kelebihan lawannya.

"Karena sering bertemu, mungkin lawan juga sudah tahu pola kami. Kelebihannya mereka ada dari segi tenaga dan pengalaman. Namun, kami juga jangan mau kalah," kata Rinov.

Dengan lolosnya Rinov/Pitha, Indonesia sejauh ini memiliki empat wakil di babak perempat final.

Sebelum Rinov/Pitha, Shesar Hiren Rhustavito (tunggal putra), serta dua tunggal putri, yakni Grogoria Mariska Tunjung dan Ruselli Hartawan, sudah terlebih dahulu lolos ke babak perempat final.

Indonesia masih memiliki wakil pada nomor ganda, yakni Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto dan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Ukir Rekor Gol Terbanyak di Pentas SEA Games 2019

Dua pasangan ini baru akan bermain pada Jumat (6/12/2019) pagi.

Sementara itu, tiga wakil lainnya, yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktaviani mendapat bye sehingga langsung lolos ke babak perempat final.

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang menjadi unggulan pertama akan melawan Alvin Morada/Alyssa Yasbel Leonardo (Filipina) yang menyudahi perlawan wakil Vietnam.

Adapun Greysia Polii/ApriyaniRahayu dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang juga sama-sama diunggulkan di tempat pertama masih menunggu lawannya yang baru akan bermain besok.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com