Kompas.com - 04/12/2019, 07:00 WIB
Legenda sepak bola Belanda, Ruud Gullit. AFPLegenda sepak bola Belanda, Ruud Gullit.
|

KOMPAS.COM - PSSI ternyata sudah menyiapkan alternatif andai Luis Milla dan Shin Tae-yong tidak bersedia melatih tim nasional Indonesia.

Kandidat lain yang menjadi incaran PSSI adalah legenda sepak bola Belanda, Ruud Gullit.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, kepada wartawan seusai pertandingan antara timnas U-23 Indonesia vs Brunei di Stadion Binan, Selasa (3/12/2019).

Gullit tercatat pernah menangangi sejumlah klub Eropa seperti New Castle United, Feyenoord, dan LA Galaxy, serta menjadi asisten pelatih di timnas Belanda. 

Pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut menjelaskan Sekjen PSSI, Ratu Tisha, sudah menjalin komunikasi dengan Ruud Gullit sejak pekan lalu.

"Tetapi belum ada respons dari dia. Kita minta Sekjen berkomunikasi dengan klub dia di Belanda. Belum ada kepastian bisa atau tidaknya dia," kata Iwan Bule.

Dijelaskan Iwan Bule, PSSI akan menunggu respons Gullit terkait tawaran dari pihaknya hingga akhir Desember.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Semoga ada kabar dari dia," tutur Iwan Bule.

Baca juga: Inilah Kunci Timnas U23 Indonesia Menang Telak atas Brunei

Beberapa waktu lalu, PSSI telah mendengar presentasi dari Luis Milla dan Shin Tae-yong.

Luis Milla saat memaparkan proposal dan program pelatihan di depan jajaran pengurus PSSI, Filipina, Jumat (29/11/2019) malam waktu setempat.Dok. PSSI Luis Milla saat memaparkan proposal dan program pelatihan di depan jajaran pengurus PSSI, Filipina, Jumat (29/11/2019) malam waktu setempat.

Iwan Bule menyatakan tidak menutup kemungkinan PSSI mengangkat Luis Milla dan Shin Tae-yong sebagai pelatih.

Rencana tersebut akan dibahas di rapat Komite Eksekutif PSSI.

"Ada kemungkinan juga terpenuhi kami bisa ambil keduanya. Satu untuk tim senior dan satu untuk tim yang di bawahnya," tutur Iwan Bule.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.