Wartawan Mendapat Hambatan dalam Meliput SEA Games 2019

Kompas.com - 26/11/2019, 18:00 WIB
Penampakan dari belakang gawang di Stadion Rizal Memorial, Manila. KUKUH WAHYUDI/JUARA/BOLAPenampakan dari belakang gawang di Stadion Rizal Memorial, Manila.

KOMPAS.com – Tidak hanya soal fasilitas yang mewarnai kacaunya gelaran SEA Games 2019 Filipina. Wartawan pun mendapat hambatan karena proses liputan belum terakomodasi.

Gelaran SEA Games 2019 Filipina sejatinya bakal dibuka pada 30 November nanti.

Namun permasalahan mulai muncul di banyak tempat sebelum ajang terbesar se-Asia Tenggara resmi dihelat.

Gelagat Filipina yang tak siap menggelar SEA Games 2019 ini sudah tercium sejak beberapa tahun yang lalu.

Baca juga: Curhatan Zola Setelah Tersisih dari Skuad Timnas SEA Games 2019

Namun tidak ada yang menyangka jika dampaknya hingga sebesar saat ini di mana beberapa fasilitas penunjang bahkan manajemen dinilai buruk.

Sebagai contoh ialah wartawan yang sudah berada di Filipina sejak minggu lalu, belum menerima kartu pers dari pihak penyelenggara.

Mereka mengeluh bahwa tidak ada solusi yang diberikan terkait masalah ini, hanya diberitahu untuk kembali lagi hari Selasa tanpa waktu yang spesifik.

Beberapa jurnalis Indonesia, membagikan keluh kesahnya bagaimana harus segera mendapatkan ID card guna meliput pertandingan tim sepak bolanya melawan Thailand pada Selasa (26/11/2019) sore.

Baca juga: Indonesia Nyaris Ditunjuk sebagai Tuan Rumah SEA Games 2019

"Aku tidak tahu apa masalahnya. Mereka sudah memiliki data saya, mereka hanya bisa mencetak dan memberikan ID kepada saya," kata Grandyos Zafna, jurnalis foto Indonesia, seperti dilansir BolaSport dari CNN Philippines.

"Saya tidak tahu mengapa mereka tidak melakukan itu dan mereka tidak memberikan ID saya," tambah Zafna.

Sementara itu, sejumlah wartawan media asing yang sudah memiliki ID card mengunggah secara online kesalahan identitasnya lewat Facebook.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya