Atlet Berkuda Ivana Putri Bersiap Hadapi Kualifikasi Kejuaraan Asia

Kompas.com - 24/11/2019, 07:53 WIB
Atlet berkuda (equestrian) Indonesia, Ivana Putri Santosa, mengikuti ajang Equinara Pulomas Open 2019 di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jumat (22/11/2019). 
Dok. Ivana Putri SantosaAtlet berkuda (equestrian) Indonesia, Ivana Putri Santosa, mengikuti ajang Equinara Pulomas Open 2019 di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jumat (22/11/2019).
|

KOMPAS.com - Atlet berkuda ( equestrian) Indonesia, Ivana Putri Santosa, mengikuti ajang Equinara Pulomas Open 2019 di Jakarta International Equestrian Park Pulomas (JIEPP), Jumat (22/11/2019).

Event tersebut menjadi persiapan Ivana sebelum turun di kualifikasi Asian Equestrian Federation (AEF).

Ivana turun di dua nomor, yakni medium test dan elementary junior.

Di kelas medium, Ivana mendapat nilai 203,0, sedangkan di elementary junior, siswa SMA Negeri 1 Semarang itu meraih nilai 166,5.

Baca juga: Induk Organisasi Olahraga Berkuda Mencari Ketua Umum Periode 2020-2024

Ivana memetik pelajaran dengan turun di Equinara Pulomas Open 2019, termasuk beradaptasi dengan kuda miliknya.

"Tadi masih ada beberapa kesalahan. Masih ada sedikit error. Jadi, di kompetisi ini dievaluasi lagi," ujar Ivana, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (24/11/2019).

Kualifikasi AEF 2020 bakal dihelat di JIEPP. Ivana mengaku tidak ada masalah dengan adaptasi venue.

"Venue tidak ada masalah. Lebih banyak ke kuda. Seperti tadi kudanya kehilangan fokus, jadi saya harus lebih bisa mengerti dia (kuda)," tutur Ivana.

Atlet berkuda Ivana Putri Santosa.Dok. Ivana Putri Santosa Atlet berkuda Ivana Putri Santosa.

Selain turun di Equinara Pulomas Open 2019, Ivana juga rutin berlatih ke Bandung agar bisa beradaptasi dengan kuda. Hal tersebut dilakukan Ivana setiap akhir pekan.

"Jadi, dari Semarang jalan Jumat, terus Sabtu dan Minggu latihan. Tidak berat karena itu sudah jadi risiko," tutur Ivana.

Baca juga: Atlet Berkuda Ivana Putri Santosa Berpeluang Tembus Ajang AEF 2020

Pada tahun 2018 lalu, Ivana sukses mengikuti AEF yang digelar di Qatar. Kala itu, dia mampu tampil hingga ke babak final.

Berbekal pengalaman tersebut, Ivana bisa memetik pelajaran yang bisa diambil.

"Ini sudah kali kedua, jadi saya sudah tahu harus seperti apa. Pelajaran yang dipetik dari sebelumnya adalah jangan terlalu percaya diri," ucap Ivana.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X