Kemenpora: Penduduk Indonesia yang Aktif Berolahraga Baru 35,7 Persen

Kompas.com - 27/10/2019, 07:00 WIB
Peserta Gowes Nusantara 2019 yang diadakan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, Sabtu (26/10/2019). Kompas.com/Alsadad RudiPeserta Gowes Nusantara 2019 yang diadakan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo, Sabtu (26/10/2019).

GORONTALO, KOMPAS.com - Jumlah penduduk Indonesia yang kini aktif berolahraga persentasenya tercatat baru mencapai 35,7 persen dari keseluruhan jumlah penduduk.

Jumlah tersebut merupakan angka yang dimiliki Kementerian Pemuda dan Olahraga berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2018.

Penduduk yang disensus merupakan warga berusia 5 tahun ke atas.

Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kemenpora, Esa Sukmawijaya, menilai angka 35,7 persen tergolong minim untuk ukuran negara sebesar Indonesia.

Saat ini, populasi penduduk Indonesia diperkirakan sudah mencapai sekitar 260 juta orang.

"Ini data BPS valid, bisa dibandingkan antar provinsi dan antar negara di dunia ini. Angkanya baru 35,7 persen," kata Esa usai mengikuti kegiatan Gowes Nusantara 2019 di Kabupaten Gorontalo Utara, Sabtu (26/10/2019).

Gowes Nusantara 2019 merupakan program yang bertujuan membangun kesadaran tiap individu untuk berolahraga.

Baca juga: Cuaca Cerah Sabtu Pagi Iringi Gowes Nusantara 2019 di Gorontalo

Dengan demikian, secara otomatis akan meningkatkan angka kesehatan dan kebugaran masyarakat.

Pada tahun 2019, ada 50 kabupaten/kota yang dipilih untuk lokasi penyelenggaraan kegiatan yang dilangsungkan di 34 provinsi di seluruh Indonesia itu.

Khusus untuk Gorontalo, Esa menyebut persentase warga yang aktif berolahraga di wilayah utara Sulawesi ini masih sedikit di bawah angka rata-rata nasional.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X