Urusan Gol Internasional, Ronaldo Masih Kalah dari Legenda Iran

Kompas.com - 12/10/2019, 14:25 WIB
Megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, saat berlaga melawan Luksemburg pada laga kualifikasi Euro 2020, di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Jumat (11/10/2019). AFP/CARLOS COSTAMegabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo, saat berlaga melawan Luksemburg pada laga kualifikasi Euro 2020, di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Jumat (11/10/2019).

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo sukses mencetak satu gol saat mengantarkan Portugal menang 3-0 atas Luksemburg pada laga Grup B Kualifikasi Euro 2020 semalam.

Tampil di Stadion Jose Alvalade, Lisbon, Sabtu (11/10/2019), Ronaldo mencetak gol kedua Portugal pada menit ke-65.

Gol itu tergolong spektakuler. Ronaldo dengan cerdiknya mencungkil bola melewati kepala kiper lawan yang berujung ke gawang Luksemburg.

Dengan gol tersebut, menurut versi Transfermarkt, Ronaldo terhitung sudah menciptakan 699 gol sepanjang kariernya (605 gol di klub, dan 94 gol bersama timnas).

Baca juga: Kesan Bek Inter Milan Usai Hadapi Messi dan Ronaldo dalam Tempo 4 Hari

Torehan 94 gol bersama Portugal menjadi Ronaldo sebagai pemain Eropa yang mencetak gol paling banyak untuk timnas.

Namun, jika dilihat dari skala dunia, jumlah gol internasional Ronaldo untuk negaranya tersebut masih kalah dari milik legenda sepak bola Iran, Ali Daei.

Ali Daei yang notabene pernah memperkuat sejumlah klub Jerman seperti Bayern Muenchen, Arminia Bielefeld, dan Hertha BSC, tercatat sudah menorekan 109 gol.

Legenda sepak bola Iran, Ali Daei, saat memperkuat negaranya pada kualifikasi Piala Dunia 2006 zona Asia melawan Laos, di Tehran, Iran, 17 November 2004.AFP/BEHROUZ MEHRI Legenda sepak bola Iran, Ali Daei, saat memperkuat negaranya pada kualifikasi Piala Dunia 2006 zona Asia melawan Laos, di Tehran, Iran, 17 November 2004.

Catatan itu, diukir Ali Daei dalam kurun waktu 1993-2006. Ia pun menyandang predikat pemain dengan jumlah gol internasional terbanyak sepanjang sejarah sepak bola.

Dengan demikian, Ronaldo masih membutuhkan 15 gol lagi untuk memecahkan rekor gol internasional Ali Daei.

Ali Daei sendiri sudah pensiun dari sepak bola pada Mei 2007. Pria berusia 50 tahun itu kini diketahui sebagai pebisnis dan aktif di organisasi UNICEF.

Ia juga tercatat pernah menjadi pelatih tim nasional Iran pada medio 2008-2009.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Gracenote
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X