Kompas.com - 08/09/2019, 16:32 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Perhatian khusus diberikan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terhadap atlet e-sports yang berjuang mengharumkan nama bangsa. 

Bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 di Banjarmasin, Pemerintah melalui Kemenpora memberikan penghargaan bagi 91 pelaku olahraga berprestasi. 

Berdasarkan Keputusan Menpora Nomor 65 Tahun 2019, pelaku olahraga berprestasi itu terdiri atas purna-olahragawan, atlet aktif, pelatih, wasit, serta penggerak dan pembina olahraga. 

Baca juga: Rekor Muri Pecah pada Haornas 2019 di Banjarmasin

Ada 14 purna-olahragawan yang mendapatkan penghargaan olahraga dari Kemenpora, di antaranya Abdul Kahar Min (tenis) dan Idsam Kaplale (menembak). 

Pelatih yang mendapatkan penghargaan olahraga di antaranya Indra Sjafri (sepak bola), Luluk Hadiyanto (bulu tangkis), dan Suharyadi (tenis). 

Dari kalangan atlet yang masih aktif, terselip tiga nama atlet e-sports. Mereka adalah Rizky Faidan, M Lucky Maarif, dan Rio Dwi Septian. 

Tiga nama itu merupakan juara PES Regional Asia pada April lalu dan menjadi finalis pada kejuaraan Dunia PES 2019 di London pada Juni. 

Baca juga: Ini Pembeda Gebyar Haornas 2019 dari Penyelenggaraan Sebelumnya

"Saya senang dan bangga menerima penghargaan ini. Apalagi, saya menjadi perwakilan dari e-sports," kata Rizky Faidan kepada Kompas.com. 

"Penghargaan membuat saya merasa bahwa e-sports semakin mendapat perhatian dari pemerintah. Prestasi saya dianggap oleh mereka," tutur siswa SMA asa Bandung tersebut. 

E-sports memang mendapat perhatian khusus dari Kemenpora dalam acara Gebyar Haornas 2019 yang berpusat di Banjarmasin pada 6-9 September 2019. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.