Hasil F1 GP Belgia, Leclerc Akhiri Puasa Kemenangan Ferrari

Kompas.com - 01/09/2019, 21:58 WIB
Pebalap Ferrari, Charles Leclerc, seusai menjalani sesi kualifikasi F1 GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, 31 Agustus 2019. AFP/KENZO TRIBOUILLARDPebalap Ferrari, Charles Leclerc, seusai menjalani sesi kualifikasi F1 GP Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, 31 Agustus 2019.

KOMPAS.com - Charles Leclerc sukses memenangi balapan seri ke-13 Formula 1 GP Belgia 2019 di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (1/9/2019).

Ini menjadi hari bersejarah bagi sang pebalap. Sebab, podium teratas seri balap Formula 1 (F1) GP Belgia 2019 menjadi kemenangan pertama Leclerc sepanjang kariernya pada ajang F1.

Adapun bagi Ferrari, kemenangan yang diraih pebalap mudanya itu membuat mereka memutus puasa kemenangan yang berlangsung selama setahun terakhir.

Sementara itu posisi kedua dan ketiga secara berturut-turut diisi oleh duo Mercedes, yaitu Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Baca juga: Anthoine Hubert Meninggal, Balapan F2 GP Belgia Dibatalkan

Jalannya Balapan

Pole sitter Charles Leclerc start dengan mulus. Dia berhasil memimpin diikuti Sebastian Vettel yang sukses merebut kembali posisinya meski sempat keluar trek di tikungan 1.

Nasib sial didapat pebalap tuan rumah, Max Verstappen. Tampil di tanah kelahirannya, Verstappen gagal finis (DNF) karena menabrak dinding.

Mobil Verstappen mengalami masalah setelah ban depan kirinya rusak disenggol pebalap lain saat menaiki tanjakan Raidillon.

Karena banyaknya pebalap yang bertabrakan di tikungan 1, bendera kuning dikibarkan. Safety car pun masuk ke lintasan sampai lap keempat.

Balapan kembali dilanjutkan. Duo Ferrari, Leclerc dan Vettel, masih memimpin diikuti dua pebalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Vettel menjadi pebalap pertama yang masuk ke pit stop. Dia mengganti ban dari kompon lunak (soft) ke medium pada lap ke-16.

Baca juga: Anthoine Hubert Korban ke-48 di Sirkuit Spa-Franchorchamps, Belgia

Saat keluar dari pitlane, pebalap Jerman itu berada di posisi lima. Hamilton pun naik ke posisi dua, namun gap empat detik dari Leclerc menyulitkan asanya untuk melakukan manuver.

Leclerc menyusul melakukan pergantian ban pada lap ke-21. Hamilton masuk dua lap kemudian (23), diikuti Bottas pada lap berikutnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber BolaSport
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X