Rio Ferdinand Buka Peluang Kembali ke Manchester United

Kompas.com - 12/06/2019, 20:02 WIB
Bek Manchester United, Rio Ferdinand.AFP PHOTO / PATRIK STOLLARZ Bek Manchester United, Rio Ferdinand.

KOMPAS.com - Masa 12 tahun (2002-2014) mengabdi sebagai pengawal lini belakang Manchester United menjadi momen tak terlupakan bagi Rio Ferdinand. Saking cintanya, ia tak menutup kemungkinan untuk kembali ke klub tersebut dengan peranan yang berbeda.

Rio Ferdinand memang pernah menjadi sosok vital di Man United. Selain berperan menjadi bek tengah andalan, ia juga merupakan mantan pemegang ban kapten.

Baca juga: Piala Dunia Wanita, Menang 13-0, Timnas Putri AS Mendapat Kecaman

Belakangan ini, pria berusia 40 tahun tersebut dikabarkan masuk dalam jajaran kandidat mantan bintang Old Trafford yang hendak didatangkan sebagai bagian perombakan hierarki klub.

Muncul rumor bahwa Ferdinand bisa saja ditunjuk sebagai direktur teknik Man United dan akan bekerja bersama CEO Ed Woodward. Namun, sejauh ini belum ada kepastian akan hal tersebut.

Menanggapi rumor itu, Ferdinand mengaku siap jika memang benar-benar dipercaya untuk menjabat di jajaran manajemen Setan Merah.

"Itu semua tergantung dari bentuk pekerjaannya seperti apa. Menurut saya, hal itu (deskripsi dan tanggung jawab pekerjaan) belum disampaikan dengan jelas di Man United. Masih banyak yang harus dibicarakan lebih lanjut terkait hal tersebut," kata Ferdinand.

"Sesungguhnya, posisi tersebut di Man United menjadi beban tanggung jawab yang harus diemban. Anda tidak bisa menutup mata akan hal tersebut. Anda diminta untuk memajukan reputasi klub. Tentu itu merupakan pekerjaan yang sangat besar."

Seperti halnya eks pemain Man United lain, Ferdinand percaya bahwa klub tersebut sedang berjuang mencari filosofi pasca-era Sir Alex Ferguson.

Ia juga memahami betul betapa sulit bagi Man United masa sekarang untuk merekrut pemain bintang.

Baca juga: Conte Ingin Lepas 3 Pemain Ini Saat Bertemu CEO Inter Milan

"Man United masih mencari ideologi mereka. Setelah Sir Alex Ferguson, mereka mencoba berjalan dengan pelatih yang berbeda, dan ternyata tidak berhasil, jadi mereka kini masih dalam proses pencarian," tutur Ferdinand.

"Mereka perlu mendapatkan sebuah filosofi, sebuah ideologi. Tentu itu tak hanya untuk tim utama, tetapi juga level pemain muda dan semua elemen klub," ucap dia.

Kini, Man United ditangani Ole Gunnar Solskjaer. Ferdinand pun menilai bahwa eks rekan setimnya itu masih punya waktu untuk membuktikan kapasitasnya di Old Trafford.




Close Ads X