Portugal, "Negeri Kecil" yang Sukses Jadi Juara Eropa

Kompas.com - 10/06/2019, 08:01 WIB
Kapten Portugal Cristiano Ronaldo mengangkat trofi saat ia merayakan gelar juara dengan rekan setimnya setelah pertandingan final UEFA Nations League antara Portugal vs Belanda di Stadion Dragao di Porto pada 9 Juni 2019.GABRIEL BOUYS/AFP Kapten Portugal Cristiano Ronaldo mengangkat trofi saat ia merayakan gelar juara dengan rekan setimnya setelah pertandingan final UEFA Nations League antara Portugal vs Belanda di Stadion Dragao di Porto pada 9 Juni 2019.

KOMPAS.com - Timnas Portugal baru saja memastikan diri menjadi juara UEFA Nations League 2019.

Ini menjadi keberhasilan "negeri kecil" di Eropa Barat itu untuk merajai Benua Biru dalam tiga tahun terakhir, setelah menjadi juara Piala Eropa pada 2016.

Portugal tergolong negara kecil. Dikutip dari worldometersinfo, pada 2019, populasi penduduk di negara tersebut sekitar 10,2 juta jiwa.

Baca juga: Juara Eropa, Berapa Uang yang Didapat Liverpool dan Timnas Portugal?

"Kecilnya" Portugal juga disadari gelandang timnas negara tersebut, Bernardo Silva.

"Kami adalah sebuah negara kecil. Namun, kami berusaha dengan sangat baik saat berlatih. Memenangi dua gelar tentu bukan hal yang kebetulan," kata gelandang Manchester City itu.

Keberhasilan Portugal menjadi juara UEFA Nations League mendapat apresiasi dari para petinggi negara, tak terkecuali Perdana Menteri António Costa.

Ia menyatakan sangat bangga dengan kemenangan timnas negaranya. 

Baca juga: Luapan Kebahagiaan Ronaldo Usai Portugal Juarai UEFA Nations League

"Hari Nasional Portugal dimulai lebih awal. Saya ingin memberikan pelukan erat kepada Fernando Santos dan para pemain atas pencapaian ini," kata Costa.




Close Ads X